Polres Ngawi Sosialisasikan Program Melalui Wayang Tangguh

Polres Ngawi Sosialisasikan Program Melalui Wayang Tangguh Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto didampingi istri saat menerima wayang gambaran dirinya sendiri dalam acara peresmian kantor Satpas.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Segala upaya dilakukan oleh jajaran Polres Ngawi dalam mensosialisasikan program dari pemerintah maupun intern kepolisian kepada masyarakat. Kali ini, Polres Ngawi menyosialisasikan program melalui cara unik. Yakni disampaikan melalui pesan yang dibawakan dalam bentuk penyajian "Wayang Tangguh".

Wayang Tangguh ini digelar dalam acara peresmian kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), Jumat (07/08) malam kemarin sekitar pukul 19.30 WIB. Acara dikemas dalam adat Jawa. Misalnya, Anggota Satlantas dan pejabat utama Polres Ngawi menggunakan blangkon. Termasuk Kapolres Ngawi.

Para tamu undangan disuguhi pertunjukan Wayang Tangguh berjudul "Satria Bhayangkara" yang dibawakan oleh seorang dalang yang juga anggota Polres Ngawi.

"Wayang tangguh ini merupakan sarana yang tepat untuk menyampaikan pesan atau program pada masyarakat," jelas AKBP Dicky Ario Yustisianto, Kapolres Ngawi pada BANGSAONLINE.

Sajian Wayang Tangguh itu pun sukses menghibur dari tamu undangan. Nampak para undangan tertawa tatkala mendengar guyonan dari dalang yang memainkan wayang.

"Jadi selain sebagai hiburan, juga sebagai penyampai pesan atau program dari kepolisian. Saya kira dengan ini masyarakat dapat lebih menerima sosialisasi program pemerintah atau kepolisian," terangnya.

Bahkan, kapolres berencana mengelola Wayang Tangguh Satria Bhayangkara secara profesional. Sehingga, tidak menutup kemungkinan dari instansi lain bisa memanfaatkan pertunjukkan yang mengadopsi budaya Jawa ini. Termasuk, dalam menyampaikan sosialisasi yang berkaitan dengan pandemi covid 19.

"Kita akan kelola secara profesional dengan menyiapkan seluruh pemainnya semakin terlatih. Mungkin ada instansi lain yang membutuhkan sudah siap. Sementara kita maksimalkan untuk penunjang kegiatan dari Polres sendiri," pungkasnya. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO