Rabu, 28 Oktober 2020 09:29

​Pengadaan Mobdin Wali Kota dan Wawali Probolinggo Senilai Rp 4,5 Miliar Disorot Dewan

Rabu, 05 Agustus 2020 20:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andi Sirajudin
​Pengadaan Mobdin Wali Kota dan Wawali Probolinggo Senilai Rp 4,5 Miliar Disorot Dewan
Ilustrasi.

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pengadaan Mobil Dinas (Mobdin) Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota (Wawali) HMS Subri yang menghabiskan anggaran fantastis hingga Rp 4,5 miliar disorot DPRD dan masyarakat setempat.

Dewan meminta anggaran pengadaan mobdin diukur dengan kinerja wali kota dan wawali. Apalagi, mobil dinas yang ada atau yang saat ini dipakai keduanya belum terlihat usang, alias masih terlihat baru.

Karena itu, dewan menilai pengadaan mobdin itu membebani APBD,

Menariknya, pengadaan mobdin itu ternyata sudah direalisasikan di tahun 2019. Hal itulah yang melatarbelakangi pihak DPRD mempertanyakan kinerja wali kota dan wawali dalam membangun Kota Probolinggo.

Pertanyaan itu disampaikan Fraksi Partai Nasdem kepada pihak eksekutif dalam paripurna DPRD dengan agenda pembacaan Pandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi pada tanggal 3 Agustus lalu melalui juru bicaranya.

Perlu diketahui, ada 5 item mobil dinas yang dibeli Pemkot Probolinggo di tahun 2019 lalu, yakni kendaraan Sedan Toyota All New Camry untuk Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Mazda CX9 untuk wali kota lagi, Mitsubishi Pajero untuk wawali, Toyota Innova Reborn untuk Sekda, dan 4 Fortuner untuk Forpimda. Yakni kapolres, kajari, ketua PN, dan dandim.

"Pengadaan mobdin itu terlalu dini. Sekiranya bisa ditunda kan lebih bagus. Namun, itu seharusnya bisa diukur dengan kinerja yang diberikan untuk rakyat," ujar salah satu tokoh masyarakat yang enggan namanya disebutkan saat dimintai komentar terkait pengadaan mobdin wali kota dan wawali, Rabu (5/8).

Sementara, HMS Subri saat dikonfirmasi usai sidang paripurna mengatakan jika pengadaan mobdin itu sudah direncanakan tahun 2018 dan telah direalisasikan tahun lalu.

"Itu sudah dilakukan sebelum Covid-19. Sebenarnya mobil kami termasuk juga mobil wali kota sudah tua. Kami pakai mobil lama keluaran tahun 2013 lalu. Itupun sudah tidak layak dan kami tetap pakai sampai sekarang. Begitu juga kendaraan TNI dan Polri, itu rata-rata sudah tua," tegas wawali.

Hal itulah yang menjadi pertimbangan pemkot sehingga muncul belanja pengadaan mobil dinas (mobdin) untuk wali kota, wawali, sekda dan empat mobdin forum pimpinan daerah (Forpimda). "Itu pertimbangan kami," ujarnya lagi. (ndi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...