Ini Tokoh yang Berpotensi Kalahkan Petahana di Pilkada Jember 2020

Ini Tokoh yang Berpotensi Kalahkan Petahana di Pilkada Jember 2020 Direktur Eksekutif Accurate Research & Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meskipun dikeroyok oleh seluruh partai politik di Jember hingga bermuara pada pemakzulannya di parlemen, Bupati Faida tetap melenggang sebagai calon bupati dalam Pilkada Jember 2020 melalui jalur perseorangan atau independen.

Sebagai petahana, posisi Faida memang di atas angin. Namun bukan berarti tidak terkalahkan. Sejumlah tokoh mulai terlihat sebagai ancaman petahana. Survei Accurate Research & Consulting Indonesia (ARCI) menunjukkan, Bupati Faida selalu bersaing dengan Hendy Siswanto.

"Hasil survei kami, Haji Hendy (Hendy Siswanto) selalu nomor dua setelah petahana. Baik pada popularitas, elektabilitas, termasuk juga pada Top of Mind. Inilah tokoh yang berpotensi kalahkan petahana," tutur Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt di Surabaya, Jumat (31/7).

Baihaki membeberkan, dari survei yang dilakukan oleh lembaganya pada top of mind (responden diwawancarai secara spontan dengan kuisioner terbuka) muncul beberapa nama yaitu, Faida 22,70%, Hendy Siswanto 14,59%, Joko Susanto 3,24%, dan Abdussalam 2,16%.

Sedangkan untuk popularitas, tokoh yang masuk empat besar secara berurutan, yakni Faida 82,70%, Hendy Siswanto 69,19%, Abdussalam 57,30%, dan Joko Susanto 40,27%.

Lanjut Baihaki, untuk elektabiltias tokoh yang masuk empat besar adalah Faida 34,05%, Hendy Siswanto 28,92%, Joko Susanto 9,46%, dan Abdussalam 4,59%.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO