Senin, 25 Januari 2021 21:54

​Tatap Muka Bersama Bhabinkantibmas Pasuruan Raya, Kapolda Jatim: Optimalkan Kampung Tangguh Semeru

Kamis, 23 Juli 2020 21:20 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andy Fachrudin
​Tatap Muka Bersama Bhabinkantibmas Pasuruan Raya, Kapolda Jatim: Optimalkan Kampung Tangguh Semeru
Acara Tatap Muka Kapolda Jatim Bersama Seluruh Bhabinkantibmas Pasuruan Raya. (foto: ist).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si., menggelar pertemuan tatap muka dengan Kapolres Kabupaten/Kota Pasuruan, serta seluruh Anggota Bhabinkantibmas Pasuruan Raya yang dilaksanakan di Pendopo Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Kamis (23/7/2020).

Pertemuan ini menyangkut persoalan penyebaran Covid-19 di wilayah Pasuruan Raya yang masih terbilang cukup tinggi.

Sebelum menggelar tatap muka, Kapolda Jatim sebelumnya mencicipi minuman "probiotik" atau minuman herbal yang menstimulasi sistem imun dalam tubuh. Minuman ini merupakan racikan dari buah tropis, sirsak, kulit manggis, dan propolis yang menghasilkan formula khas untuk kesehatan tubuh yang diproduksi oleh Prof. Sukardi asal Pasuruan.

Sementara itu, dalam kunjungannya, orang nomor satu di Kepolisian Daerah Jawa Timur tersebut, memberikan pengarahan kepada seluruh Bhabinkamtibmas, Kapolsek se-Pasuruan Raya, serta Kapolres Kabupaten/Kota, untuk terus memperhatikan kasus Covid-19 agar cepat ditangani dan segera diselesaikan.

Dari pertemuan tatap muka ini, Kapolda Jatim menayangkan video program Kampung Tangguh Semeru yang digagas olehnya. Dalam video itu, ditunjukkan bagaimana fungsi Kampung Tangguh Semeru menyelesaikan persoalan masyarakat di saat pandemi Covid-19.

"Saya minta Bhabinkantibmas pelajari video Kampung Tangguh Semeru untuk mengimplementasikan menghadapi Covid-19. Kampung Tangguh Semeru ini tidak hanya difungsikan mengatasi pandemi Covid-19, namun juga menjadi instrumen menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing," ujar Kapolda Jatim saat memberikan pemaparan di atas podium, Kamis (23/7/2020) sore.

Selain itu, ia meminta Bhabinkantibmas juga harus menjalankan 3T, yakni Testing, Tracing, dan Treatmen. Testing kepada masyarakat untuk mendapatkan rapid test dan swab test. Kemudian Tracing menelusuri masyarakat yang ODP maupun PDP, dan Treatment untuk melakukan pencegahan dengan memberikan perawatan.

"Bhabinkantibmas harus menjalankan 3T (Testing, Tracing, Treatment), Insya Allah masyarakat aman dari pandemi Covid-19, saat menjalankan 3T ini, ajak juga untuk kolaborasi, yakni Babinsa, kades/lurah, tokoh masyarakat maupun pemuda desa," ucapnya.

Kapolda Jatim juga meminta kapolres turun ke masyarakat, memberikan bantuan kepada masyarakat yang paling rentan, seperti mereka yang bekerja sebagai tukang bakso, tukang bangunan, karena mereka bergantung pada pekerjaannya tersebut.

"Kapolres saya perintahkan untuk turun langsung ke masyarakat, sapa masyarakat serta berikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terpapar Covid-19," ucapnya.

"Bhabinkamtibmas harus dapat menjadi ujung tombak dalam penanganan Covid-19, meningkatkan kesembuhan, dan meminimalkan angka positif di daerah," pungkasnya. 

Turut hadir dalam acara itu, yakni Wakapolda Jatim, Brigjen Pol. Drs. Slamet Hadi Supraptoyo beserta Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, dan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko. (maf/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...