Sabtu, 26 September 2020 09:40

Gubernur dan Forkopimda Jatim Apresiasi Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 di Gejos

Minggu, 19 Juli 2020 21:07 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Gubernur dan Forkopimda Jatim Apresiasi Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 di Gejos
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama pejabat Forkopimda saat meninjau Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 di Stadion Gejos. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama pejabat Forkopimda Jawa Timur yakni Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M., dan Kapolda Jatim Irjen Pol Fadil Imran, S.I.K., M.Si., melakukan peninjauan pondok rehabilitasi dan observasi pasien Covid-19 di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos), jalan Veteran Kabupaten Gresik, Minggu (19/7).

Kedatangan Gubernur dan rombongan disambut oleh Bupati Gresik Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, S.T., M.Si., Dandim 0817 Letkol Inf. Budi Handoko, S.Sos., dan Kapolres AKBP Arief Fitrianto., S.H., S.I.K., M.M., serta Forkopimda Kabupaten Gresik.

Gubernur didampingi Kapolda dan Pangdam kemudian melakukan pengecekan satu per satu fasilitas pondok rehabilitasi dan observasi pasien Covid-19.

Bupati Sambari dalam paparannya kepada Gubernur Jatim, menjelaskan Stadion Gelora Joko Samudro bisa menampung hingga 140 pasien Covid-19. Rinciannya, 80 bed (tempat tidur) untuk zona merah, 40 bed untuk zona kuning, dan 20 bed untuk zona hijau.

"Zona hijau diperuntukkan bagi pasien yang memiliki tingkat kesembuhan tinggi dan segera pulang. Sedangkan zona kuning dan merah untuk pasien yang memiliki gejala selesai pengawasan dan baru masuk melakukan rehabilitasi," kata Bupati menjelaskan.

Sementara Gubernur Jatim memberikan apresiasi luar biasa kepada pemerintah Kabupaten Gresik yang merancang Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 di Gelora Joko Samudro dengan sistem zona merah, hijau, dan kuning untuk pasien gejala ringan, sedang, dan berat. Menurutnya, hal ini bisa mengurangi beban rumah sakit yang menjadi rujukan bagi pasien Covid-19.

Gubernur berharap, ada beberapa penambahan fasilitas di Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19. Salah satunya, coffe shop sehingga mereka yang sedang menjalani obesrvasi dan rehabilitasi bisa lebih rileks. Sehingga pasien Covid-19 bisa lebih cepat sembuh.

Gubernur juga berharap upaya yang telah dilakukan pemerintah dapat mempercepat penanganan pasien kasus Covid-19 di Jatim. Sebab, angka kenaikan pasien positif masih tinggi, khususnya di Kabupaten Gresik yang memiliki angka kenaikan dan kematian tinggi.

Sementara Kapolda mengaku sangat optimis kasus Covid-19 di Jawa Timur bisa terus menurun. Keyakinan Kapolda ini mengacu selama 10 hari terakhir, angka kesembuhan semakin tinggi.

"Bahkan, tiga hari terakhir, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Jawa Timur tertinggi di Indonesia," ungkapnya.

Sementara Kapolres AKBP Arief Fitrianto menyatakan akan menindaklanjuti arahan Kapolda Jatim dengan menggerakkan Bhabinkamtibmas untuk terjun ke lapangan mencari data.

Termasuk, melalui Kampung Tangguh Semeru yang sudah dibentuk serta upaya pendekatan Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...