Dirikan "Sidoarjo Bisa", Mas Iin Berdayakan Potensi UMKM Kota Delta

Dirikan "Sidoarjo Bisa", Mas Iin Berdayakan Potensi UMKM Kota Delta SAMBANG UMKM: Founder Sidoarjo Bisa Achmad Amir Aslichin (Mas Iin) mengunjungi UMKM produk minuman di Sidoarjo, belum lama ini. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sidoarjo mencatat ada sekitar 206.745 UMKM yang tersebar di 18 kecamatan. Banyaknya potensi UMKM ini membuat Kabupaten Sidoarjo menyandang predikat Kota UMKM.

Keberadaan ratusan ribu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sidoarjo tersebut mendapatkan perhatian dari anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim, Achmad Amir Aslichin (Mas Iin).

Bersama sejumlah pemuda kreatif di Sidoarjo, Mas Iin yang juga mantan Ketua Fraksi PKB DPRD Sidoarjo, ingin agar UMKM bisa terus berkembang. Dengan visi yang sama untuk memajukan UMKM, maka mereka sepakat membentuk “Sidoarjo Bisa”.

Sebagai Founder Sidoarjo Bisa, Mas Iin ingin wadah tersebut bisa sebagai media informasi tentang potensi UMKM dan ekonomi kreatif.

Hasil produk UMKM pun juga bisa dipromosikan oleh Sidoarjo Bisa. “Sidoarjo Bisa juga jadi wadah interaksi antar semua stakeholder terkait UMKM dan ekonomi kreatif,” kata Mas Iin, Rabu (8/7).

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim yang membidangi perekonomian dan pariwisata ini mengungkapkan, Sidoarjo Bisa dijadikan tempat berkreasi anak-anak muda menghadapi revolusi industri 4.0.

Kesempatan itu dapat membantu pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya. Harapannya bisa dikenal di tingkat lokal hingga mancanegara. “Transformasi digital harus membawa kebaikan pada pelaku usaha terutama UMKM,” ucap ucap pria kelahiran 5 Juni 1977 itu.

Selain itu, pelaku UMKM yang keteteran mengurus izin usaha akan dibantu. Tim dari Sidoarjo Bisa, imbuh lulusan Universitas Airlangga ini, berupaya menjembatani masalah pengurusan perizinan dengan pemerintah daerah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO