Ikuti Jejak Jokowi, Putra dan Menantu Gus Ali Unggul di Pilkada

Ikuti Jejak Jokowi, Putra dan Menantu Gus Ali Unggul di Pilkada Pemilihan Serentak Rabu, 9 Desember 2020. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tidak hanya Presiden Jokowi yang putranya, Gibran Rakabuming Raka serta menantunya Bobby Nasution unggul dalam Pilkada Serentak 2020 ini. Di Jawa Timur, putra dan menantu dari K.H. Agoes Ali Mashuri (Gus Ali), Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Salawat, Tulangan, Sidoarjo juga unggul sementara di Pilkada Sidoarjo dan Gresik, Jawa Timur.

Ahmad Muhdlor Ali, merupakan putra dari Gus Ali yang maju di Pilkada Kabupaten Sidoarjo 9 Desember 2020 kemarin. Berdasar perhitungan riil (real count) internal PKB, Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo Nomor Urut 2 Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-Subandi unggul dengan perolehan 387.604 suara atau 39,83 persen dari total suara sah.

Sedangkan Pasangan Nomor Urut 1 Bambang Haryo-Taufiqulbar memperoleh 373.559 suara atau 38,38 persen dan Pasangan Nomor Urut 3 Kelana Aprilianto-Dwi Astutik dengan perolehan 212.042 suara atau 21,79 persen dari total pemilih.

Anik Maslachah, Wakil Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur menjelaskan, berdasarkan rekapitulasi real count yang dilakukan DPC PKB Sidoarjo, tercatat paslon nomor 2 unggul 14.045 suara atas paslon nomor urut 1.

"Alhamdulillah, berdasarkan data yang sudah masuk ke kami dari para saksi dan relawan di seluruh penjuru Sidoarjo, diperoleh hasil bahwa pasangan calon nomor 2 yakni Gus Muhdlor dan Subandi yang diusung PKB unggul dari pasangan calon lain dengan lebih dari 14 ribu suara," tutur Anik, kemarin.

Sementara di Kabupaten Gresik, hingga 10 Desember 2020 per 11.15 WIB, penghitungan suara oleh KPU tampak menunjukkan Paslon Nomor 02 Fandi Akmad Yani-Aminatun Habibah (Niat) yang mampu meraup suara 51,1 persen atau 230.388 suara. Sedangkan Paslon Nomor Urut 01 Moh. Qosim-Asluchul Alif (QA) memperoleh sebanyak 220.204 suara atau 48,9 persen.

Adapun hasil penghitungan suara Pilkada Gresik tersebut berdasarkan hasil foto formulir Model C-Hasil KWK yang terpantau melalui situs KPU. Proses penghitungan suara di Kabupaten Gresik ini telah mencapai 62,02 persen, yakni telah mencapai 1.406 TPS dari total 2.267 TPS di Gresik. Dari perolehan tersebut, tampak bila Pasangan Niat unggul sementara perolehan suaranya. Fandi Akmad Yani atau Gus Yani, merupakan menantu dari Gus Ali.

Pascapemungutan suara 9 Desember lalu, pilkada akan memasuki tahapan rekapitulasi penghitungan suara secara manual di tingkat kecamatan, kemudian lanjut ke tingkat kabupaten/kota. Berikutnya penetapan pemenang oleh KPU. Hingga akhirnya pelantikan calon kepala daerah. (mdr/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO