Rabu, 21 April 2021 05:33

Wujudkan Gresik Baru, Gus Yani-Bu Min Akan Sulap Jalan Basuki Rahmat Jadi Sentra UMKM ala Malioboro

Rabu, 10 Februari 2021 10:45 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Wujudkan Gresik Baru, Gus Yani-Bu Min Akan Sulap Jalan Basuki Rahmat Jadi Sentra UMKM ala Malioboro
Gus Yani, Bu Min, dan Kapolres Gresik saat bagi-bagi masker kepada tukang sol sepatu di sepanjang Jalan Basuki Rahmat Gresik, Senin (08/02) lalu. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Terobosan dan inovasi terus dirancang oleh Bupati-Wabup Gresik Terpilih Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah demi mewujudkan Gresik Baru.

Salah satunya, yakni penataan kawasan di Kecamatan Gresik. Agar geliat ekonominya kian tampak dan tumbuh. Gus Yani-Bu Min, sapaan akrabnya, akan membuat sentra tempat pedagang kaki lima (PKL) dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Gus Yani-Bu Min akan menyulap kanan kiri sepanjang Jalan Basuki Rahmat Gresik menjadi sentra PKL dan UMKM ala Malioboro, Yogyakarta. "Kami akan konsep sepanjang Jalan Basuki Rahmat Gresik ala Malioboro. Doakan," ujar Gus Yani kepada BANGSAONLINE.com.

Menurut Gus Yani, di sepanjang Jalan Basuki Rahmat banyak bangunan tua yang lahannya layak untuk digunakan sebagai tempat sentra PKL dan UMKM untuk menjual produk-produk khas Gresik maupun makan dan minuman. Untuk itu, nantinya pemerintahannya akan mendiskusikan dengan ahli sejarah dan pemilik bangunan untuk konsep tersebut.

BACA JUGA : 

SIG Bekali 28 UMKM Cara Berjualan Menggunakan Platform Digital

Bupati Gus Yani dan Kacab Indomaret Teken MoU Penjualan Produk UMKM

Sertijab Bupati Gresik, Gubernur Minta Penuntasan Kali Lamong dan Peningkatan Sektor UMKM

Usai Gowes, Bupati Gresik Gus Yani Mendadak Sambangi PKL Alun-alun

"Jadi, nanti kalau memang di sepanjang Jalan Basuki Rahmat ada bangunan yang masuk cagar budaya konsepnya seperti apa akan kami diskusikan," kata Gus Yani.

Gus Yani menerangkan, kalau sentra PKL UMKM di sepanjang Jalan Basuki Rahmat terwujud, maka di sana akan tumbuh ekonomi baru. Masyarakat bisa membeli makanan maupun oleh-oleh khas Gresik.

"Nantinya, bisa kami konsep dengan paket wisata religi agar para peziarah waliyullah atau masyarakat luar Gresik yang datang ke Gresik untuk berwisata ataupun berlibur, belanja oleh-olehnya di sentra PKL dan UMKM di Jalan Basuki Rahmat," terang Gus Yani.

Menurut Gus Yani, Jalan Basuki Rahmat layak dimanfaatkan sebagai sarana ekonomi kerakyatan untuk menggeliatkan usaha para PKL, UMKM, dan pelaku ekonomi lain. "Nantinya trotoarnya akan ditata yang bagus, sehingga nyaman untuk para pelaku usaha maupun pembeli," pungkasnya.

Diketahui saat kampanye Pilkada Gresik 2020 lalu, Gus Yani-Bu Min banyak disambati oleh palaku usaha mikro seperti PKL dan UMKM. Seperti saat menemui Ma'arif Pemilik UKM Fira Sablon misalnya.

Saat disambangi, Ma'arif menyampaikan usulan kepada Gus Yani agar Kabupaten Gresik punya sentra berjualan bagi pedagang kaki lima (PKL) dan UMKM.

"Sudah lama, saya mungkin salah satu pemilik usaha sablon yang kepingin di Gresik punya tempat area sentra PKL, sentra UMKM seperti Malioboro, Yogyakarta untuk tempat jualan oleh-oleh khas Gresik, dan berbagai makanan khas Gresik," kata Ma'arif kepada BANGSAONLINE.com.

Cak Arif, begitu sapaan akrabnya, juga berharap di sekitar area sentra PKL dibangun sarana/prasarana tempat-tempat selfie masyarakat dan tempat arena bermain anak. Kemudian, setiap masyarakat terlebih masyarakat luar Gresik yang tengah berziarah ke makam waliyullah Gresik, bus atau kendaraan yang membawa peziarah/pariwisata wajib masuk area sentra PKL dan UMKM. Nah, di areal itu, disediakan tempat berjualan aneka makanan, minuman yang nyaman, dan suvenir ala Gresik hasil home industry warga masyarakat Gresik.

"Di Jawa Timur seperti di Blitar, ada kaus I Love Blitar bisa untuk oleh-oleh para pengunjung. Gresik saya rasa banyak peluang untuk itu," pungkasnya. (hud/zar)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...