Panen Porang, Potensi Menjanjikan di Dunia Pertanian, Tiap Hektare Bisa Kantongi Rp 400-500 Juta

Panen Porang, Potensi Menjanjikan di Dunia Pertanian, Tiap Hektare Bisa Kantongi Rp 400-500 Juta Panen Porang di Desa Sidomulyo Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Tanaman porang atau dalam bahasa ilmiah dikenal Amorphophallus Muelleri Blume merupakan jenis tanaman umbi-umbian. Tanaman ini kini mulai banyak diproduksi oleh warga Desa Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Parwanto, adalah salah satu warga Desa Sidomulyo yang tertarik menanam Porang sejak tahun 2017 lalu.

"Saat itu saya diberitahu oleh teman saya, bahwa tanaman Porang memiliki harga jual yang lumayan tinggi. Nah, dari situ kemudian saya praktikkan untuk menanam sendiri," ungkap Parwanto saat ditemui di ladang Porang miliknya, Sabtu (30/5).

Ketika awal tanam Porang, ia mengaku hanya menggunakan modal awal 4 juta rupiah untuk membeli bibit. Bibit Porang atau dikenal dengan istilah katak kemudian ditanam di lahan di pekarangan miliknya dengan luas panjang 22 x 12 meter.

Bibit-bibit itu baru memasuki masa panen, dua tahun kemudian. Hasilnya, seluruh tanaman Porang itu dibeli tengkulak dengan harga 19 juta rupiah. Selain mendapat hasil dari Porang, ia juga mendapat penghasilan tambahan dari penjualan katak atau bibit Porang senilai 2.500.000 saat itu.

Berangkat dari hasil tersebut, Purwanto kemudian berusaha memperluas lahan tanam Porang. Saat ini, ia telah menanam Porang di lahan seluas 8 hektare.

Di tiap satu hektare, ia bisa menanam 20 ribu batang Porang. Dalam dua tahun yang akan datang, ia memprediksi hasil panennya untuk tiap hektare bisa mencapai 400 hingga 500 juta rupiah.

Parwanto menyampaikan, masa panen tanaman Porang yang ideal adalah dua tahun dari sejak awal ditanam. "Cara terbaik menanam Porang adalah menjelang musim penghujan. Dan tanaman Porang ini bisa ditanam di manapun tempatnya, asal kondisi tanah tersebut tidak becek," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO