Jumat, 14 Agustus 2020 12:36

Kapolres Kediri Kota Imbau Masyarakat agar Jadi Polisi Bagi Dirinya Sendiri

Selasa, 05 Mei 2020 19:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Kapolres Kediri Kota Imbau Masyarakat agar Jadi Polisi Bagi Dirinya Sendiri
Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana saat berbincang dengan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar di Command Center.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana mengimbau warga Kota Kediri agar dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Hal itu, disampaikan saat dirinya diundang Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar di Command Center, untuk membahas antisipasi kejahatan di Kota Kediri pada saat pandemi dan menjelang lebaran, Selasa (5/5/2020).

"Saya mengimbau masyarakat untuk menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Artinya, masyarakat juga mengamankan diri. Misalnya, tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan sehingga mengundang kejahatan, serta menggunakan HP di jalan yang akan memberi kesempatan orang lain untuk berbuat jahat," ujarnya.

Kapolres menuturkan, sebetulnya tren kejahatan di Kota Kediri menurun. Hanya saja, ada kejahatan baru yaitu penipuan online yang dilaporkan warga. Modus operandinya, tersangka menawarkan dagangan yang sangat dibutuhkan pada saat pandemi, misalnya masker dan hand sanitizer.

"Barang yang sempat langka ini ditawarkan melalui grup WhatsApp dan media sosial. Kemudian, korban mentransfer sejumlah uang, namun barang tidak pernah dikirim," tuturnya.

Menurut Kapolres, terkait dengan kejahatan jalanan, masyarakat resah dengan adanya program asimilasi pada saat pandemi. Sebab, ada 162 orang napi di wilayah Kota, dan Kabupaten Kediri, yang dibebaskan. Masyarakat khawatir mantan napi tersebut akan berulah lagi.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan lapas, bahwa napi yang dilepaskan ini di bawah pengawasan polres baik kabupaten, kota, maupun lapas,” tambahnya.

Menanggapi pertanyaan dari Wali Kota Kediri soal masih adanya balapan liar, Kapolres menjawab bahwa akhir-akhir ini pihaknya sudah merazia 147 unit kendaraan bermotor beserta pengendaranya yang akan mengadakan balapan liar.

Menurutnya, untuk menjaga keamanan masyarakat, jajaran Polres Kediri Kota sudah berkoordinasi dengan camat, lurah, hingga RT untuk kembali menghidupkan Poskamling, sekaligus juga bekerja sama dengan Babinsa, Satpol PP, Hansip, dan jajaran lainnya dengan mengadakan patroli berskala besar secara rutin pada jam-jam sepi dan rawan kejahatan, yaitu habis berbuka dan setelah sahur.

“Saya berterima kasih kepada semua jajaran pimpinan hingga tingkat RT yang sudah melakukan pengamanan swadaya seperti Poskamling. Berjaga dari pukul 22.00 WIB hingga tiba saatnya sahur,” pungkas Kapolres. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...