PDAM Sidoarjo Janji Minimkan Ketergantungan Pasokan Air

PDAM Sidoarjo Janji Minimkan Ketergantungan Pasokan Air ? LANTIK – Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah saat melantik jajaran Direksi PDAM Delta Tirta 2015-2019 di Pendopo Delta Nugraha, Sidoarjo, Senin (30/12). foto: mustain/BangsaOnline

SIDOARJO (BangsaOnline) – PDAM Delta Tirta Sidoarjo bakal membangun sumber air baku di kawasan Kecamatan Prambon dan Kecamatan Jabon. Upaya membangun sumber air baku itu guna meminimalisir ketergantungan pasokan air yang selama ini mengandalkan dari Surabaya dan pihak swasta.

Direktur Utama PDAM Delta Tirta Sugeng Mujiadi mengatakan, penambahan sumber air baku di Prambon dan Jabon akan direalisasikan dalam waktu dekat. Sungai di dua kawasan tersebut diharapkan memberikan sumber air baku yang masing-masing ditargetkan hingga 15 ribu meter kubik. “Tentunya dengan kerjasama dalam merealisasikan sistem tersebut,” kata Sugeng kepada wartawan, usai pelantikan jajaran direksi PDAM Delta Tirta periode 2015-2019 di Pendapa Delta Nugraha, Sidoarjo, Selasa (30/12/2014).

Dia mengungkapkan, PDAM masih akan memastikan mekanisme yang tepat untuk sumber air baku di sungai dua wilayah tersebut. Pihaknya akan membuat seperti dam panjang untuk mengakomodir air di sungai tersebut. Pembuatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) juga akan disesuaikan tempatnya. “Kita akan lihat kebutuhannya nanti seperti apa,” ucapnya.

Menurutnya, ada sekitar 5 ribu pelanggan di kawasan utara Sidoarjo yang masih bergantung pada pasokan air Surabaya. Meski demikian PDAM Delta Sidoarjo juga tetap menyuplai dari IPA di Tawangsari Kecamatan Taman. “Kita tetap tidak bisa memutus kerjasama dengan PDAM Surya Sembada karena masih membutuhkan,” terangnya.

Saat ini, kata Sugeng, ada sekitar 106 ribu pelanggan PDAM Delta Tirta. Para pelanggan itu, pasokan airnya diakomodir dari IPA Tawangsari, Kecamatan Taman, IPA Siwalanpanji Buduran, IPA Kedunguling Kecamatan Candi, dan Umbulan Pasuruan serta sebagian dari PDAM Surya Sembada, Surabaya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berpesan kepada jajaran direksi PDAM yang baru untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. Termasuk juga untuk mengurangi tingkat kehilangan air di PDAM. “Jajaran baru harus memiliki semangat yang baru untuk melayani pelanggan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Saiful melantik jajaran Direksi PDAM Delta Tirta 2015-2019, yang terdiri dari Direktur Utama Sugeng Mujiadi, Direktur Administrasi dan Keuangan Aries Ardiansyah, Direktur Pelayanan Bima Ariesdiyanto dan Direktur Operasional Iewan Prasetya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO