Hasil Rapid Test 22 Petugas Haji Gresik, 5 Positif COVID-19

Hasil Rapid Test 22 Petugas Haji Gresik, 5 Positif COVID-19 Wabup Qosim bersama Pj. Sekda Nadlif, dan Kadinkes Ghozali saat menggelar jumpa pers, Rabu (8/4). foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 5 orang petugas haji asal dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) setelah menjalani Rapid Test.

Dari 5 petugas yang dirahasiakan nama dan alamatnya itu, 4 orang menjalani isolasi mandiri di rumah, dan 1 orang menjalani isolasi di Rumah Sakit.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Moh. Qosim, didampingi Penjabat (Pj) Sekda Nadlif, dan Kadinkes dr. Saifudin Ghozali saat memberikan keterangan pers, Rabu (8/4).

Menurut Wabup, 5 petugas haji tersebut sebelumnya mengikuti Rapid Test bersama 17 petugas lainnya. "Nah, dari 22 petugas yang menjalani Rapid Test, 5 hasilnya positif COVID-19," jelasnya.

Wabup mengungkapkan, 22 petugas haji asal yang menjalani Rapid Test itu terdiri dari petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH), dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKIH).

"Sekarang kami tengah menunggu hasil swab kelima petugas haji yang berdasarkan hasil Rapid Test positif COVID-19. Mudah-mudahan hasilnya negatif COVID-19," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan , Saifudin Ghozali menambahkan, bahwa 22 petugas haji itu menjalani Rapid Test tiga hari lalu. "Dari 5 petugas yang dinyatakan positif, swab waktu itu juga kami kirim ke Unair," katanya.

"Orang yang dilakukan Rapid Test kemudian hasilnya positif COVID-19, belum tentu positif COVID-19, karena masih menunggu hasil Swab. Jadi, Rapid Test bukan sebagai tolok ukur diagnosa. Jadi, hanya untuk mendeteksi awal," jelasnya.

Ghozali mengungkapkan, 5 petugas haji yang hasil Rapid Test-nya positif COVID-19, 4 orang di antaranya bisa menjalani isolasi di rumah, karena kondisinya baik. "Sementara 1 orang isolasi di RS karena kondisi kurang baik. Mudah-mudahan hasil swab negatif COVID-19," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO