DPRD Bangkalan Alokasikan Rp 3,014 Miliar untuk Percepatan Penanganan Covid-19

DPRD Bangkalan Alokasikan Rp 3,014 Miliar untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Ketua Komisi B Rokib (kanan), Sekretaris Komisi B Drs. KH. Moh. Jamhuri, dan Fathor Rosi usai rapat tertutup dengan Sekwan terkait alokasi anggaran penanganan Covid-19, Selasa (7/4).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Bangkalan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,014 miliar atau setara 10 persen dari alokasi anggaran APBD 2020 untuk . Dana tersebut akan digunakan untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan.

Ketua Komisi B, Rokib mengungkapkan, bahwa dana sebesar itu bersumber dari realokasi anggaran untuk kunker, perjalanan dinas, anggaran makanan dan minuman (mamin), dan sebagainya yang belum diserap.

"Termasuk yang dipangkas adalah pengadaan barang seperti pakaian dinas dan alat tulis kantor (ATK). Ini semua sesuai dengan anjuran pemerintah pusat agar segera mengalokasikan dana untuk pencegahan dan penaganan virus Corona," ujar Rokib setelah melakukan rapat tertutup dengan sekretariat dewan di ruangan Komisi B , Selasa (6/7).

"Dana Rp 3,014 miliar itu nantinya akan disatukan dengan anggaran dari OPD lain, sehingga nanti sampai terkumpul Rp 30 miliar. Sementara persoalan teknisnya untuk dibelanjakan apa saja, itu ranahnya dari pihak eksekutif, dalam hal ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," jelasnya.

Sementara anggota Komisi B lainnya, Fathor Rosi mengatakan Badan Anggaran (Banggar) akan melakukan pembahasan terlebih dahulu, sebelum dana itu diserahkan ke Pemkab Bangkalan.

"Jadi persoalan makanisme penggunaan dana untuk dibelanjakan apa saja itu menjadi wewenang Tim Gugus Tugas, dalam hal ini Bupati Bangkalan. Teknisnya kita serahkan ke pemerintah," pungkas politikus Demokrat ini. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO