Rabu, 03 Juni 2020 00:18

Wali Kota Kediri Umumkan Satu Pasien Positif Covid-19, Ajak Warga Siap Hadapi Zona Merah

Sabtu, 28 Maret 2020 18:37 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Wali Kota Kediri Umumkan Satu Pasien Positif Covid-19, Ajak Warga Siap Hadapi Zona Merah
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat mengumumkan satu pasien positif Covid-19 melalui instagram.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Sabtu (28/3), mengumumkan bahwa salah satu warga Kota Kediri positif terinfeksi virus Corona (Covid-19).

"Ini artinya, Kota Kediri masuk dalam salah satu wilayah zona merah pandemi Covid-19 di Jawa Timur. Jadi saya meminta warga Kota Kediri patuhi semua protokol dan surat edaran untuk pencegahan Covid-19, agar pandemi Corona ini tidak meluas," kata Mas Abu, panggilan akrab Wali Kota Kediri, Sabtu (28/3).

Mas Abu berpesan, kalau nanti pasien ini sudah sembuh, jangan ada stigma di masyarakat. Karena covid-19 ini bukan aib. "Masyarakat yang merasa pernah punya kontak erat dengan pasien juga lebih baik jujur, agar semakin mudah ditangani," ajak Mas Abu.

Sebelumnya, melalui sebuah unggahan di Insta Story akun @abdullah_abe, Mas Abu Bakar telah meminta masyarakat Kota Kediri untuk bersiap-siap.

"Sekarang ini kita belum puncak pandemi Corona," begitu kalimat pertama Mas Abu di insta story-nya. Dalam video pembuka tersebut, Mas Abu mengingatkan pada masyarakat, Corona bukanlah sebuah aib.

"Kalau ada masyarakat kita yang kena, sudah kembali ke masyarakat atau sudah sembuh, mohon diterima dengan baik," tambahnya.

Mas Abu mengingatkan, karena Kota Kediri juga terdapat rumah sakit rujukan, bukan tidak mungkin akan menjadi zona merah.

"Kita mesti saling menjaga, tetap di rumah. Walaupun bosan, di rumah itu cara yang paling sederhana dan cara yang paling efektif untuk memutus rantai persebaran virus Corona ini," terang Mas Abu.

Mas Abu minta kepada warganya untuk memperbanyak doa dan makan yang bergizi agar kekebalan tubuh jauh lebih baik.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri dr. Fauzan Adima M.Kes, menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan tracing dan penyelidikan epidemiologi terkait kasus tersebut.

"Warga yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut akan dilakukan rapid test. Petugas akan melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi rumah pasien. Masyarakat tidak perlu panik, yang terpenting tetap tinggal di rumah agar tidak terpapar virus Corona," kata dr. Fauzan.

Warga yang merasa pernah kontak dengan pasien positif corona atau merasa ada gejala yang mengarah pada infeksi Corona diharapkan segera menghubungi Call Center Covid-19 Kota Kediri 0354 - 2894000 atau WhatsApp 0811 3787 119. (uji/rev)

(Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat mencuci tangan di wastafel yang disediakan oleh Pemkot Kediri di Jalan Dhoho)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Senin, 01 Juni 2020 12:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<...