10 Ribu Liter Cairan Disinfektan Basahi Jalanan di Jember

10 Ribu Liter Cairan Disinfektan Basahi Jalanan di Jember Jajaran anggota Polres Jember berkeliling kota menyemprotkan 10 ribu liter cairan disinfektan, Selasa (24/3).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dengan menggunakan mobil Armored Water Cannon (AWC), jajaran anggota Polres berkeliling kota menyemprotkan 10 ribu liter cairan disinfektan, Selasa (24/3).

Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona () di wilayah hukum Polres . Di samping menindaklanjuti maklumat dari Kapolri, terkait penanganan dan penyebaran virus Corona.

Rombongan berangkat dari Mapolres sekitar pukul 13.30 WIB, dikawal 3 unit mobil patroli. Sedangkan jalan yang dilalui, yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Trunojoyo, Jalan Samanhudi, Jalan Diponegoro, kemudian ke alun-alun kota, dan kembali ke mapolres.

Selain menyiram jalanan, mobil AWC Polres itu juga menyiram lokasi titik-titik keramaian, seperti halnya di kawasan Pasar Tanjung. Sementara mobil patroli yang ikut mengawal, memberikan imbauan kepada masyarakat melalui pengeras suara. Imbauan itu agar warga tidak berkumpul di titik keramaian, dan bagaimana cara mengantisipasi virus Corona dengan melalukan cuci tangan yang benar dan menerapkan pola hidup bersih.

"Mobil AWC itu berkeliling dari mapolres ke lokasi titik-titik keramaian. Sekitar 10 ribu liter cairan disinfektan yang telah kita siramkan. Dengan harapan selama kurang lebih 9 jam ke depan dapat mengurangi penyebaran virus corona itu," kata Wakapolres Kompol Windy Syafutra saat dikonfirmasi wartawan di mapolres, Selasa (24/3/2020) siang.

Kompol Windy menjelaskan, upaya penyiraman cairan disinfektan itu sebagai langkah pencegahan. "Karena kita tahu menangkalnya dengan menyiram cairan tersebut. Juga mobil patroli yang mengawal memberikan imbauan agar masyarakat tidak berkumpul pada satu titik keramaian, dan juga menerapkan cuci tangan serta pola hidup bersih," ulasnya.

Diketahui ada sekitar 14 personel yang dikerahkan untuk melakukan giat penyiraman tersebut. "Di mobil AWC ada 6 personel, kemudian pada 3 mobil patroli ada 8 orang. Jadi berkeliling itu sembari bersosialisasi antisipasi corona, juga menyiram," sebutnya.

Terkait kegiatan menyiram cairan disinfektan itu, Polres berupaya untuk melakukannya setiap hari dengan skala penyiraman lebih luas lagi. "Kita upayakan mungkin tiap hari, dan jangkauannya lebih luas wilayahnya. Tapi mempertimbangkan bahan cairan disinfektan ini, karena sekarang langka mendapatkannya, ya semoga bisa ada solusi lebih baik," pungkasnya. (ata/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO