2 PDP Corona di Jember Dilaporkan ke Kemenkes

2 PDP Corona di Jember Dilaporkan ke Kemenkes Ilustrasi pasien corona. foto: Antara

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Tiga orang warga yang teridentifikasi pasien dalam pengawasan (PDP) Virus Corona () sudah dilaporkan ke Kementerian Kesehatan melalui Dinkes Provinsi Jatim.

Dari ketiga PDP itu, satu orang sudah dipastikan negatif . Namun, untuk dua pasien lainnya masih menunggu hasil laboratorium yang sudah dikirim ke Litbangkes Provinsi Jatim.

Saat ini kedua warga itu mendapat perawatan khusus dan diisolasi di RSD dr. Soebandi. 

“Kalau pelaporan kita berjenjang. Awalnya, kita lapor ke Dinas (Kesehatan) provinsi, itu sudah. Hari ini kita laporkan. Dan juga karena baru masuk (kedua pasien itu) hari ini,” kata Plt Kepala Dinkes Dyah Kusworini saat dikonfirmasi wartawan usai RDP di ruang Komisi D DPRD , Rabu (18/3/2020).

Terkait perawatan, lanjut Dyah, pihaknya menyatakan kedua pasien tersebut ditempatkan di ruang isolasi khusus di RSD dr. Soebandi . “Hari ini juga dilakukan pengambilan sampel yang dilakukan oleh ahli, dan hari ini juga dikirim ke Provinsi Jatim terkait sampelnya,” kata Dyah.

Terkait ruang perawatan khusus dan tenaga medis yang ada di RSD dr. Soebandi , Dyah juga menyatakan telah disiapkan.

Lebih jauh, Dyah menjelaskan, penanganan dari pasien suspect Virus Corona () akan terus dimaksimalkan dengan membentuk satgas khusus. “Tidak serta merta jika ada yang baru pulang dari luar negeri langsung diperiksa. Ada mekanismenya yang mengatur. Jadi ada tahapannya, yakni screening, melalui rontgen paru-paru awalnya, dan juga mekanisme lainnya,” katanya. (ata/yud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO