Pemkab Pacitan Berencana Hentikan Semua Kegiatan Perlombaan yang Hadirkan Massa

Pemkab Pacitan Berencana Hentikan Semua Kegiatan Perlombaan yang Hadirkan Massa Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo mengimbau semua kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) yang berpotensi mendatangkan massa untuk dikurangi. Bahkan bila perlu, semua kegiatan perlombaan ditiadakan agar lebih amannya. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran coronavirus disease 2019 (covid-19).

Menurut wabup, hal ini sebagai tindak lanjut atas instruksi pemerintah pusat. Apalagi, saat ini badan kesehatan dunia, World Health Organitation (WHO) telah menginstruksikan agar Presiden Joko Widodo menetapkan sebagai darurat nasional covid-19. Selain itu Pemkot Surakarta juga telah mengambil langkah menetapkan kejadian luar biasa (KLB).

"Kita juga harus menyelaraskan apa yang diinstruksikan oleh pemerintah di atasnya. Jangan sampai karena kita lebih mengedepankan euforia, namun pada akhirnya berujung masalah. Ini yang harus kita antisipasi sedari dini," kata Wabup Yudi saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (14/3).

Ia mengakui, posisi pemerintah sangat dilematis. Di satu sisi bagaimana agar beragam kegiatan bisa terlaksana sesuai rencana. Namun di satu sisi, negara dalam situasi genting adanya serangan virus corona.

"Kalau tetap kita bebaskan, nanti kalau ada sesuatu hal, pemerintah yang akan disalahkan. Karena itu, lebih baik semua kegiatan ditunda atau bila perlu ditiadakan sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Ya seperti instruksi Pak Wali Kota Solo. Karena KLB, semua kegiatan, bahkan kunjungan wisata harus di lockdown," bebernya.

Wabup juga meminta kegiatan car free day (CFD) untuk sementara waktu bisa ditunda. "Di situ (CFD) akan banyak menghadirkan massa. Kita tidak bisa menyeleksi satu demi satu orang yang datang. Oleh sebab itu daripada berisiko, lebih baiknya sementara waktu ini bisa dihentikan," tegas orang nomor dua di ini.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan, Wasy Prajitno menyambut positif pernyataan wabup yang menyarankan agar semua kegiatan yang berpotensi menghadirkan massa dihentikan sementara. Termasuk kegiatan car free day.

Wasy menegaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan lintas organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk juga dengan Satlantas Polres Pacitan. "Kita akan koordinasikan dengan OPD terkait, seperti Satpol PP, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga serta dengan Satlantas Polres Pacitan," kata Wasy saat dihubungi melalui ponselnya, Sabtu (14/3).

Menurut Wasy, meski belum ada keputusan final terkait penghentian semua kegiatan yang berhubungan dengan kehadiran massa, namun ia sependapat dengan yang disampaikan Wabup Yudi Sumbogo. Sebab pemerintah memang berupaya semaksimal mungkin melakukan pencegahan dan penanganan serangan covid-19. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO