Sikapi Corona, Unej Keluarkan Surat Edaran dan Bentuk Pos Pelayanan

Sikapi Corona, Unej Keluarkan Surat Edaran dan Bentuk Pos Pelayanan dr. Cholis Abrori, Ketua Pojok Siaga Corona Virus 19 Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sebagai upaya pencegahan dini terhadap Virus Corona (Covid-19), Universitas Jember () mengeluarkan surat edaran tertanggal 3 Maret 2020 kemarin. Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor Iwan Taruna dan disebarkan kepada civitas akademika .

Selain itu, juga membentuk dan membuka layanan Pojok Siaga Corona Virus (Covid-19) yang berada di komplek kampus Fakultas Kedokteran.

Terkait isi surat edaran tersebut, salah satu poinnya menjelaskan, bagi warga kampus yang baru pulang luar negeri, disarankan untuk membatasi interaksi (self isolated) dengan warga lain maupun keluarga. Pembatasan tersebut berlaku selama 14 hari sejak kedatangannya ke Indonesia.

Prioritas terutama, bagi mereka yang baru datang dari negara-negara seperti Cina, Korea, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Kamboja, Nepal, Sri Lanka, AS, Kanada, dan negara-negara lain yang sudah mengakui terdampak virus Korona.

"Jika dalam jangka waktu 14 hari terdapat gejala seperti demam, batuk, pilek dan sesak napas, dimohon untuk segera memeriksakan diri ke Medical Centre (UMC) dan hasil check up dikirim ke email resmi Fakultas Kedokteran (FK) ," bunyi salah satu poin surat edaran yang ditandatangani rektor itu.

Seluruh warga kampus juga diimbau menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, serta menjaga gaya hidup bersih dan sehat. Selain itu, warga juga diminta aktif meningkatkan kewaspadaan melalui literasi kesehatan tanpa membuat panik.

dr. Cholis Abrori, Ketua Pojok Siaga Corona Virus 19 Fakultas Kedokteran Universitas Jember menjelaskan, pembentukan layanan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Pihak , melalui Fakultas Kedokteran juga menyediakan pojok info Covid-19. juga akan menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun di setiap ruangan atau tempat-tempat strategis," kata dr. Cholis saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (5/3/2020).

Pihaknya juga mengingatkan untuk tidak lupa membiasakan diri mencuci tangan, dan menjaga perilaku hidup sehat.

"Lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, dan berolaraga secara rutin," tegas Iwan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO