Bersama PDGI Jatim, RSGMP Unej Gelar Bakti Sosial

Bersama PDGI Jatim, RSGMP Unej Gelar Bakti Sosial Direktur RSGMP Unej, FX Adi Soesetijo, saat memberi bingkisan kepada salah satu pasien bibir sumbing.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas ()  bersama Pengurus Wilayah Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jatim menggelar bakti sosial berupa operasi bibir sumbing, Sabtu (25/2/2023). Ada 4 pasien yang masih balita dari Sidoarjo, Probolinggo, dan .

Direktur RSGMP , FX Adi Soesetijo, menyatakan bahwa pihaknya cukup mumpuni untuk melakukan operasi tersebut. Sebab, RSGMP menjadi rumah sakit rujukan untuk masalah gigi dan mulut di wilayah Tapal Kuda, dan telah terakreditasi paripurna serta memiliki fasilitas lengkap dengan SDM yang cakap.

"Untuk operasi bibir sumbing ini, ada 4 dokter spesialis bedah mulut yang bertugas dengan dukungan dokter spesialis anak, dan dokter spesialis anestesi," ujarnya.

Adi juga mengapresiasi PDIGI Jatim yang telah mempercayakan RSGMP  untuk penanganan operasi bibir sumbing. Menurut dia, hal itu sama halnya dengan pengakuan PDGI Jatim pada kemampuan RSGMP dalam melayani masyarakat.

"Bagi masyarakat , serta di wilayah Tapal Kuda, yang memerlukan layanan kesehatan gigi dan mulut, tak perlu ragu memeriksakan diri ke RSGMP Universitas ," tuturnya.

Sementara itu di sisi lain, Ketua Pengwil PDGI Jatim, Sumartono, menyebut kegiatan yang dilakukan secara kolaboratif ini merupakan serangkaian agenda peringatan HUT ke-73 PDGI di Jawa Timur. Gelaran ini juga bersinergi dengan pihak Pemprov dan Polda Jatim, juga Pemkab .

"Tahun ini, bakti sosial PDGI Pengwil Jatim dipusatkan di , bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi dan RSGMP Universitas . Tema bakti sosial kali ini adalah PDGI Jawa Timur Peduli Pengentasan Stunting Indonesia: Bebas Stunting, Gigi dan Tubuh Sehat, Indonesia Tumbuh." ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, bakti sosial ini akan digelar sampai Minggu nanti (26/2) dan tidak hanya melakukan operasi bibir sumbing saja.`Namun aksi tersebut mencakup upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

"Ada kegiatan talkshow bertema kesehatan gigi dan penanganan stunting bersama PKK , penyuluhan kesehatan gigi di sekolah dasar serta pondok pesantren, hingga sikat gigi massal bagi anak-anak di alun-alun , di hari Minggu esok." pungkasnya. (yud/bil/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO