Senin, 21 September 2020 03:49

Beredar Anggaran Pendidikan Gresik Terendah di Jatim, hanya 0,40 Persen, DPRD: Data Menyesatkan

Rabu, 04 Maret 2020 09:43 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Beredar Anggaran Pendidikan Gresik Terendah di Jatim, hanya 0,40 Persen, DPRD: Data Menyesatkan
Tabel data alokasi anggaran pendidikan di Jawa Timur tahun 2019. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Gresik dihebohkan dengan beredarnya tabel data alokasi anggaran untuk pendidikan di Kabupaten Gresik. Dalam data tersebut, Kabupaten Gresik masuk urutan terbuncit.

Mengacu tabel yang tertulis bersumber dari Kemendagri per bulan November 2019 itu, bahwa Kabupaten Gresik hanya mengalokasikan anggaran untuk pendidikan di luar dana transfer daerah (APBD murni) sebesar 0,40 persen. Sedangkan apabila dikombinasikan dengan dana transfer, baru lah anggaran pendidikan di Kabupaten Gresik mencapai 15,61 persen.

Sementara kabupaten/kota yang mengalokasikan anggaran pendidikan murni APBD dan dana transfer tertinggi ditempati Kabupaten Banyuwangi. Yakni APBD murni mencapai 20,04 persen, sementara dengan dana transfer mencapai 34,73 persen.

Namun, data ini disanggah oleh DPRD Gresik yang membahas anggaran pada APBD 2019. "Itu data tak jelas, data bisa menyesatkan," ujar Anggota Banggar DPRD Gresik, Faqih Usman kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (4/3).

Faqih menduga, rendahnya alokasi anggaran dari APBD Gresik murni yang hanya 0,40 persen seperti tertera dalam tabel tersebut, hanya dilihat dari sisi belanja langsung.

"Bisa jadi yang dilihat hanya sektor belanja langsung di Dinas Pendidikan, bukan keseluruhan. Sepengetahuan kami persentase anggaran pendidikan 2019 sudah mencapai 32 persen," terang Faqih.

Senada diungkapkan oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Gresik, Khoirul Huda. Menurutnya, untuk mengetahui alokasi anggaran pendidikan, tidak bisa hanya dilihat pada belanja langsung di Dinas Pendidikan.

"Namun, harus dilihat dari jenis belanja lain yang diperuntukkan ke urusan pendidikan. Dan alokasi anggaran untuk itu jauh lebih besar dari belanja langsung di Dinas Pendidikan Gresik," ungkapnya.

Ia mengungkapkan sejumlah pos belanja di pendidikan Kabupaten Gresik, mulai belanja hibah ke lembaga pendidikan swasta, belanja hibah untuk bantuan operasional sekolah (BOS) APBD untuk SD, MI, SMP, MTs.

"Itu untuk sekolah negeri dan swasta, madrasah diniyah (madin), pondok pesantren (ponpes), insentif guru swasta baik di sekolah negeri maupun swasta. Kalau ditotal dari APBD murni, maka persentase ya lebih 29 persen atau di atas jauh dari data tersebut," terang Ketua Fraksi Amanat Pembangunan DPRD Gresik ini.

Sementara Wakil Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim mengungkapkan bahwa alokasi anggaran pendidikan di Kabupaten Gresik pada APBD 2019, sudah lebih dari 20 persen untuk APBD murni.

Ia menyontohkan belanja Bosda sekolah swasta yang mencapapai 112 miliar. "Itu saja hitungannya sudah sama dengan 3,4 persen," kata Ketua DPD Golkar Gresik ini.

"Belum lagi, yang hibah Bosda dan untuk sarana prasarana (saspras) sekolah swasta pada APBD 2019 mencapai Rp 98 miliar dari anggaran Rp 2,8 triliun, sudah berapa persen itu. Nah, ini muncul APBD murni cuma 0,40 persen, berarti ya gak sesuai dengan kondisi riilnya," pungkasnya. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...