Berada Ribuan Kilometer dari Pangkalan, Prajurit KRI Fatahillah Lakukan Tes Samapta

Berada Ribuan Kilometer dari Pangkalan, Prajurit KRI Fatahillah Lakukan Tes Samapta Para Prajurit KRI Fatahillah sedang melakukan tes lari.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berada jauh ribuan kilometer dari pangkalannya di Surabaya, bukan berarti bisa meninggalkan kewajiban yang diemban. 

Demikian halnya prajurit KRI Fatahillah-361 yang tetap melaksanakan tes samapta rutin meski sedang melaksanakan tugas operasi siaga tempur wilayah perairan laut, di bawah kendali operasi Gugus Tempur Laut (Guspurla) .

Bertempat di lapangan olahraga Markas Lantamal VI Makassar, pada Jumat (28/2) para prajurit melaksanakan tes samapta rutin yang menjadi kewajiban setiap prajurit maupun PNS TNI AL setiap 6 bulan sekali ini. Di bawah pengawasan tim Binjasrek Lantamal VI, mereka melaksanakan tes dalam dua tahap. Yakni Baterai A yang terdiri dari lari 12 menit, dilanjutkan dengan Baterai B yang terdiri yaitu pull up, push up, sit up, dan shuttle run.

Sementara itu, Komandan KRI Fatahillah-361 Letkol laut (P) Agus Setyawan di sela kegiatan menyampaikan, jika pelaksanaan samapta dilaksanakan bukan hanya untuk sekadar melaksanakan kewajiban sebagai seorang prajurit, tapi juga untuk mengukur kemampuan dan kesehatan prajurit sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi.

“Dalam sebuah operasi faktor fisik menjadi modal utama selain psikis seorang prajurit. Fisik yang dimaksud adalah stamina dan kesehatan tubuh prajurit yang terjaga baik agar mampu konsentrasi penuh dalam melaksanakan tugas,” tambah Agus.

Selama berada di Lantamal VI selain melaksanakan tes samapta rutin bagi prajuritnya, kapal perang TNI AL dari jajaran Satuan Kapal Eskorta ini juga melakukan bekal ulang berupa air bersih dan kebutuhan logistik lainnya sebelum melanjutkan perjalanan lintas laut kembali ke daerah operasi. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO