Kamis, 02 April 2020 22:57

​KJKS BMT NU Sumenep Bakal Mampu Gerakkan Ekonomi Rakyat

Minggu, 16 Februari 2020 17:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Sahlan
​KJKS BMT NU Sumenep Bakal Mampu Gerakkan Ekonomi Rakyat
Wakil Bupati Achmad Fauzi menyalami salah satu tama pada pembukaan RAT Paripurna XVI dan Expo Produk Unggulan Anggota BMT NU Jawa Timur di Gedung Graha Adi Poday, Sabtu (15/02).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep menilai keberadaan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Jawa Timur sangat lah penting bagi masyarakat. Karena bakal mampu memberi solusi yang mendasar dalam soal permodalan dan berperan pula mengurangi kesenjangan ekonomi.

"BMT NU Jawa Timur yang perkembangannya sangat pesat, memiliki peran sebagai lembaga keuangan mikro untuk menggerakkan sektor kegiatan ekonomi masyarakat," kata Achmad Fauzi, Wakil Bupati Sumenep pada Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Paripurna XVI dan Expo Produk Unggulan Anggota BMT NU Jawa Timur di Gedung Graha Adi Poday, Sabtu (15/02).

Fauzi berharap seluruh cabang BMT NU di Jawa Timur terus berbenah diri guna memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga perannya bisa memberikan kontribusi berarti bagi pembangunan ekonomi masyarakat.

Hal itu seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, wabup meminta BMT NU melakukan inovasi seperti dunia perbankan di antaranya ATM, internet banking, dan mobile banking. Harapannya fasilitas pelayanan itu menambah rasa kepercayaan anggota serta masyarakat terhadap koperasi. 

“BMT NU agar tetap konsisten dan bertahan di era apapun, harus mengikuti perkembangan dan kemajuan perekonomian, dengan melakukan berbagai inovasi serta kreasi demi kemandirian ekonomi warga NU,” terangnya.

KJKS BMT NU Jawa Timur di RAT Paripurna Tahun 2020 juga memberikan penghargaan kepada kantor cabang yang berprestasi, sebagai wujud apresiasi atas dedikasi, loyalitas, dan perjuangan pengelola untuk mewujudkan anggun di pelayanan dan unggul dalam kinerja menuju 100 cabang pada tahun 2026.

Penghargaan itu di antaranya kategori cabang berprestasi, cabang baru berprestasi, cabang produktivitas keuangan terbaik, cabang pertumbuhan terbaik, cabang pencapaian target terbaik, cabang Non Performing Financing (NPF) terendah, dan cabang perkembangan tabungan terbaik.

Fauzi juga meningatkan agar pengelolaan koperasi sudah dilakukan secara transparan dan profesional, supaya BMT NU Jawa Timur bisa menjadi percontohan di tingkat nasional. Ia menyontohkan BMT Sidogiri yang asetnya hampir mencapai Rp 2 triliun. 

“Koperasi bisa berkembang dan maju tergantung pengelolaan usahanya, sehingga harus dilakukan secara transparan, profesional, serta bertanggungjawab,” pungkasnya. (aln/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...