Rabu, 16 Juni 2021 06:38

Rampas HP Anak SMP, Dua Pria Berhasil Diamankan Berkat Medsos

Senin, 27 Januari 2020 15:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Rampas HP Anak SMP, Dua Pria Berhasil Diamankan Berkat Medsos
Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela saat menginterogasi kedua tersangka saat rilis di mapolres, Senin (27/1).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pelaku perampasan handphone milik seorang anak di bawah umur di Jalan Raya Dusun Cangkringan, Desa Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Blitar akhirnya berhasil diringkus. Pelaku berjumlah dua orang. Mereka adalah Budi Rahayu warga Gembongan, Kecamatan Ponggok, dan Nanang Kosim warga Desa Sidorejo, Kecamatan Ponggok.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela mengatakan, keduanya berhasil diamankan berkat informasi di media sosial facebook. Penangkapan itu dilakukan setelah polisi menganalisa rekaman kamera pengawas (CCTV) yang dibagikan pemilik akun facebook "M Janki Dausat" di grup facebook Info Cegatan Blitar (ICB) beberapa jam setelah kejadian.

"Kami berhasil mengungkap tindak pidana pencurian dengan kekerasan korbannya anak sekolah masih SMP. Kejadian ini awalnya kami ketahui dari aktivitas media sosial. Ada masyarakat yang memposting kejadian itu. Berbekal informasi dari facebook tersebut, kami melakukan penyelidikan," terang AKBP Leonard M. Sinambela, Senin (27/1/2020).

Peristiwa itu bermula saat kedua pelaku membuntuti korban yang baru saja pulang les. Pelaku kemudian memepet korban dengan dalih menanyakan alamat. Kemudian salah satu pelaku menjambak rambut korban dan langsung merampas handphone yang dibawa korban.

BACA JUGA : 

Tiga Hari, Polres Blitar Amankan Puluhan Pelaku Pungli dan Premanisme

Ditukar dengan ATM Kosong, Sales di Blitar Kuras Uang Temannya Sendiri

Gerebek Industri Rumahan Senapan Angin Ilegal di Blitar, Polisi Amankan 135 Pucuk

Polisi Tetapkan Satu Tersangka pada Kasus Baku Hantam Emak-emak Hingga Jari Putus

"Usai merampas HP milik korban, pelaku kemudian kabur. Namun kedua pelaku yang berboncengan menggunakan sepeda motor itu sempat tertangkap kamera CCTV sebuah warung. Dari rekaman CCTV ini kami menganalisa dan berhasil mengamankan kedua pelaku. Saat diamankan, barang-barang yang digunakan kedua pelaku seperti helm dan motor identik dengan rekaman CCTV," jelasnya.

Setelah dilakukan pengembangan, kedua pelaku ternyata bukan pemain baru. Satu di antara kedua pelaku ini bahkan baru sebulan lalu keluar penjara karena kasus yang sama. Mereka juga melebarkan sayap dengan melakukan aksi serupa di wilayah hukum Polres Kediri.

"Aksinya ini ternyata tak hanya di Wilkum Polres Blitar Kota tapi juga di wilayah Kediri," imbuhnya.

Mereka dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara. (ina/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...