Wilayah Terlalu Luas, Warga Tulungrejo Minta Pemekaran Desa

Wilayah Terlalu Luas, Warga Tulungrejo Minta Pemekaran Desa Kantor Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Dinilai wilayahnya terlalu luas, warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, minta pemekaran desa. Luas wilayah Desa Tulungrejo 80,701 km2 dengan jumlah penduduk 9.930 jiwa.

"Menurut saya sudah waktunya ada pemekaran wilayah di Desa Tulungrejo karena terlalu luas wilayahnya. Tentu dengan terlalu luasnya wilayah ini akhirnya berdampak pada pemberdayaan masyarakat yang sangat kurang," ujar Arif Erwinadi, salah seorang tokoh masyarakat Tulungrejo kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (22/1).

Desa Tulungrejo memiliki 5 dusun, yakni Dusun Kekep, Gondang, Gerdu, Junggo dan Wonorejo. Jumlah penduduk Desa Tulungrejo terbanyak kedua di wilayah Kecamatan Bumiaji setelah Desa Giripurno yang mencapai 11.063 jiwa.

"Berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa disebutkan, salah satu syarat bisa dilakukan pemekaran desa jika jumlah penduduknya minimal 6.000 jiwa, " ungkap Arif.

Sementara itu, Ilyas, tokoh masyarakat Tulungrejo lainnya menilai, dasar dan tujuan pemekaran desa antara lain untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan meningkatkan data saing desa, serta meningkatkan efektivitas pemerintahan desa.

"Kalau melihat dari sisi jumlah penduduk, menurut saya layak jika ada pemekaran desa di Tulungrejo, " ujar Ilyas asal kampung Medhuran, Sisir yang sudah 20 tahun menetap di Dusun Junggo, Tulungrejo.

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO