Pemkab Pasuruan Segara Fungsikan TPA Wonokerto

Pemkab Pasuruan Segara Fungsikan TPA Wonokerto

PASURUAN, BANGSAONLINE.com rencananya akan mengoperasionalkan TPA Wonokerto untuk menampung sampah, mulai tahun ini. Sebelum difungsikan, Kamis (16/1) hari ini Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, S.E., M.M.A. melakukan peninjuan ke lokasi untuk melihat langsung sarana dan prasarana TPA yang dibangun di atas lahan sekitar 5 hektare tersebut.

Menurut Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, operasional TPA Wonokerto merupakan opsi  mengatasi TPA Kenep yang sudah overload. "Kita sudah melakukan pengecekan di lapangan untuk memastikan apakah bangunan yang ada di sana sudah layak difungsikan atau tidak," jelas Irsyad, Kamis (16/1).

Irsyad juga berpesan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menyosialisasikan kepada masyarakat sekitar, sebelum mengoperasionalkan TPA Wonokerto. Sehingga, warga sekitar yang bersinggungan langsung dengan bau sampah mengetahui maksud dan tujuan pemerintah membangun TPA.

"Jika perlu warga sekitar dilibatkan langsung dalam pengelolaan sampah, utamanya sampah yang miliki nilai ekonomis," katanya.

Terpisah, Kepala DLH Heru Ferianto yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com membenarkan bahwa TPA Wonokerto akan mulai dioperasionalkan tahun 2020 ini. Ia juga mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar, terkait pengoperasionalan TPA tersebut, Jumat (10/1) lalu.

"Dalam sosialisasi tersebut, warga sekitar TPA Wonokerto mengajukan beberapa permintaan kepada yang harus dipenuhi, di antaranya perbaikan akses jalan kampung, penambahan air bersih, serta penambahan jaringan listrik atau penerangan jalan," ungkapnya.

Terkait permintaan warga, Heru berjanji akan berupaya memenuhinya. Misalnya, perbaikan jalan desa yang akan dibangun oleh Dinas PU Bina Marga pada tahun ini, termasuk juga tuntutan penambahan sarana air bersih.

"Secara teknis, TPA di Wonokerto sudah memenuhi syarat untuk dioperasionalkan. Memang ada beberapa saspras yang dianggap masih kurang, akan dilakukan penambahan secara bertahap," jelas Heru. (bib/par/rev)                   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'TPA di Desa Kenep Pasuruan Terbakar, Diduga Gara gara Puntung Rokok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO