Sabtu, 31 Juli 2021 02:57

Upaya Turunkan Angka Kemiskinan, Bupati Bojonegoro Lakukan Intervensi Program

Rabu, 15 Januari 2020 23:03 WIB
Editor: .
Wartawan: Eky Nurhadi
Upaya Turunkan Angka Kemiskinan, Bupati Bojonegoro Lakukan Intervensi Program
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Muawanah komitmen dan terus berupaya menurunkan angka kemiskinan dengan melakukan beberapa intervensi kebijakan dan program.

Intervensi yang dimaksud adalah mengerjakan beberapa program, seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, serta beberapa program kemasyarakatan, di antaranya subsidi modal tani, subsidi modal usaha, serta subsidi pendidikan. Kata dia, semua itu outputnya akan dapat mengurangi kemiskinan.

"Misalnya yang biasa berjualan sayur keliling bisa menempuh jarak jauh dengan nyaman, karena jalan-jalan dan jembatan sudah diperbaiki," ujarnya, Rabu (15/01/20).

Anna Muawanah mengatakan, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2019 kemarin tercatat mencapai 154,64 ribu jiwa. Jumlah ini berkurang sebesar 9,30 ribu jiwa dibandingkan dengan kondisi tahun 2018 sebesar 163,94 ribu jiwa.

BACA JUGA : 

Terpapar Virus Corona, Bupati Bojonegoro Kerja dari Rumah Sakit

Bojonegoro Terapkan PPKM Darurat, Sekolah Daring hingga Warung Makan Hanya Layani Delivery

Mutasi di Tengah Pandemi, Bupati Bojonegoro Minta Pejabat Selalu Semangat

Covid-19 Meningkat, Wabup Budi Irawanto Semangati Tenaga Kesehatan RSUD Bojonegoro

Persentase penduduk miskin di Kabupaten Bojonegoro tahun 2019 sebesar 12,38 persen sedangkan tahun 2018 sebesar 13,16 persen. Penurunan angka kemiskinan sebesar 0,78 persen di Bojonegoro ini diklaim lebih baik dibandingkan Jawa Timur yang sebesar 0,61 persen.

"Kemiskinan masih dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar. Ke depan kami akan terus berusaha menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro ini melalui terobosan-terobosan, serta pelatihan yang dapat meningkatkan tingkat ekonomi warga," ujar Bupati Anna.

Selain menurunkan angka kemiskinan, Bupati juga akan membangun Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kata Bupati, IPM di Kabupaten Bojonegoro menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

"Saya pikir kantong-kantong kemiskinan di Bojonegoro yang perlu diintervensi kebijakannya dibawah 10 persen, jadi yang tiga persen karena kebijakan perlu fokus untuk mengurangi kemiskinan secara cepat," ucapnya menambahkan.

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...