Minggu, 05 Juli 2020 07:06

Upaya Turunkan Angka Kemiskinan, Bupati Bojonegoro Lakukan Intervensi Program

Rabu, 15 Januari 2020 23:03 WIB
Editor: .
Wartawan: Eky Nurhadi
Upaya Turunkan Angka Kemiskinan, Bupati Bojonegoro Lakukan Intervensi Program
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Muawanah komitmen dan terus berupaya menurunkan angka kemiskinan dengan melakukan beberapa intervensi kebijakan dan program.

Intervensi yang dimaksud adalah mengerjakan beberapa program, seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, serta beberapa program kemasyarakatan, di antaranya subsidi modal tani, subsidi modal usaha, serta subsidi pendidikan. Kata dia, semua itu outputnya akan dapat mengurangi kemiskinan.

"Misalnya yang biasa berjualan sayur keliling bisa menempuh jarak jauh dengan nyaman, karena jalan-jalan dan jembatan sudah diperbaiki," ujarnya, Rabu (15/01/20).

Anna Muawanah mengatakan, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2019 kemarin tercatat mencapai 154,64 ribu jiwa. Jumlah ini berkurang sebesar 9,30 ribu jiwa dibandingkan dengan kondisi tahun 2018 sebesar 163,94 ribu jiwa.

Persentase penduduk miskin di Kabupaten Bojonegoro tahun 2019 sebesar 12,38 persen sedangkan tahun 2018 sebesar 13,16 persen. Penurunan angka kemiskinan sebesar 0,78 persen di Bojonegoro ini diklaim lebih baik dibandingkan Jawa Timur yang sebesar 0,61 persen.

"Kemiskinan masih dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar. Ke depan kami akan terus berusaha menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro ini melalui terobosan-terobosan, serta pelatihan yang dapat meningkatkan tingkat ekonomi warga," ujar Bupati Anna.

Selain menurunkan angka kemiskinan, Bupati juga akan membangun Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kata Bupati, IPM di Kabupaten Bojonegoro menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

"Saya pikir kantong-kantong kemiskinan di Bojonegoro yang perlu diintervensi kebijakannya dibawah 10 persen, jadi yang tiga persen karena kebijakan perlu fokus untuk mengurangi kemiskinan secara cepat," ucapnya menambahkan.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...