Minggu, 29 Maret 2020 17:56

​Jatim Juara Umum, Didi Kempot Jadi Duta Pagar Nusa, Kejurnas Ditutup Kiai Said Aqil

Selasa, 07 Januari 2020 12:02 WIB
Editor: tim
​Jatim Juara Umum, Didi Kempot Jadi Duta Pagar Nusa, Kejurnas Ditutup Kiai Said Aqil
Didi Kempot. foto: istimewa

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Festival III Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa ditutup oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indah Indonesia (TMII) Jakarta, Senin (6/1/2020) malam. Acara yang digelar dua tahun sekali itu juga dibarengkan dengan konser amal untuk korban banjir bersama Didi Kempot dan Fatin Shidqia.

(Suasana penutupan Kejurnas dan Festival III Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indah Indonesia (TMII) Jakarta, Senin malam (6/1/2020). foto: istimewa)

Yang menarik, penyanyi campursari asal Surakarta Jawa Tengah yang sangat populer itu tidak hanya tampil menyanyi, tapi juga diangkat sebagai Duta Pagar Nusa oleh Ketua umum PSNU Pagar Nusa Muhammad Nabil Haroen (Gus Nabil). Dengan bangga, Didi Kempot bahkan memakai baju kebesaran Pagar Nusa saat naik panggung.

“Ini suatu kebanggaan bagi kami, buat saya, dan keluarga besar saya. Terima kasih buat Pagar Nusa, semoga ada hikmahnya, sangat bermanfaat untuk negara Republik Indonesia tercinta. Salam NKRI harga mati,” kata Didi Kempot yang bernama asli Dionisius Prasetyo saat diminta naik ke atas panggung oleh Gus Nabil.

Gus Nabil mengatakan bahwa Didi Kempot diangkat sebagai Duta Pagar Nusa karena dia figur yang tak lepas dari kebudayaan. Sedang Pagar Nusa, selain fokus kepada pencak silat juga kebudayaan.

(Inilah kontingen Pagar Nusa Jawa Timur yang meraih prestasi gemilang sehingga juara umum dalam Kejurnas dan Festival III Pagar Nusa yang digelar di Padepokan Silat TMII Jakarta. Foto: istimewa)

Menurut Nabil, Didi Kempot selama ini sukses sebagai duta budaya Indonesia. "Beliau akan mempopulerkan pencak silat sehingga akan terkenal di tingkat dunia," katanya sembari mengatakan bahwa melalui karya-karyanya Didi Kempot banyak mempersatukan orang. 

Nabil juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan Kejurnas Pagar Nusa ini sangat mandiri. Semua pengurus wilayah membiyai diri sendiri baik konsumsi maupun transportasi. Ia mengakui bahwa kemandirian memang sulit karena membutuhkan pengorbanan.

“Apa kader Pagar Nusa siap berkorban?,” tanya Gus Nabil kepada peserta Kejurnas Pagar Nusa. Peserta Kejurnas Pagar Nusa menjawab serentak, “Siap!”.

Dalam Kejurnas kali ini para atlet PW Pagar Nusa Jawa Timur meraih kemenangan gemilang. Para atlet Pagar Nusa Jawa Timur meraih 24 medali emas, 8 perak dan 6 perunggu, sehingga ditetapkan sebagai juara umum.

Juara II diraih Pagar Nusa Jawa Tengah dengan perolehan 6 medali emas, 10 perak dan 8 perunggu. Sedang juara III diraih Pagar Nusa DKI Jakarta dengan 4 medali emas, 5 perak dan 3 perunggu.

Kiai Said Aqil saat menutup acara ini mengucapkan selamat kepada para atlet Pagar Nusa Jawa Timur sebagai pemenang. Namun ia berpesan agar tidak sombong. “Yang menang tak boleh sombong, yang belum menang tidak boleh kecil hati,” katanya sembari mengatakan bahwa ia akan memberikan matras kepada para juara.

Dia menegaskan, sombong itu sifat Allah. Karena itu manusia tidak boleh memakai sifat Allah. Menurut dia, jika manusia sombong, maka dia akan hancur.

Ketua Panitia Athoillah melaporkan bahwa Kejurnas Pagar Nusa ini diikuti 487 atlet dari 22 pprovinsi Indonesia. Menurut dia, Kejurnas Pagar Nusa III berjalan sukses dan lancar. “Kejurnas IV akan digelar pada 2022,” katanya.

Sementara Ketua PW Pagar Nusa Jawa Timur Abdul Muchid yang kini lagi ibadah umroh di tanah suci bersyukur karena para atlet Jawa Timur telah menunjukkan prestasi sangat bagus. “Alhamdulillah, Pencak Silat Pagar Nusa Jawa Timur juara umum dan dapat penghargaan sebagai atlet terbaik,” kata Abah Muchid – panggilan Abdul Muchid – kepada BANGSAONLINE.com, Senin malam (6/1/2019). Menurut dia, mayoritas yang menang adalah atlet pra remaja.

“Maka harus digembleng terus agar saat usia dewasa lebih matang dan harus membuat kader terus untuk berkesinambungan,” katanya. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...