Siaga Bencana, Pemkot Probolinggo Gelar Apel Kesiapan Bencana

Siaga Bencana, Pemkot Probolinggo Gelar Apel Kesiapan Bencana Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memberikan arahan kepada personel gabungan saat apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Untuk menanggulangi bencana yang terjadi di Probolinggo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana sekaligus mengecek kesiapan alat dan personel, Senin (6/1).

Apel yang dilaksanakan di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jalan Mastrip, dihadiri Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, dan Kapolres AKBP Ambariyadi Wijaya, serta OPD terkait.

Peserta apel terdiri dari personel TNI, Polri, BPBD, Tagana, Satpol PP, Damkar, dan Linmas. Total seluruh tim dalam siaga bencana sebanyak 350 personel. Armada dan peralatan pun telah disiapkan, di antaranya truk, perahu karet, 5 motor trail, 5 gergaji mesin, dan 4 mesin pompa. Posko berupa tenda pun telah didirikan di halaman kantor BPBD.

“Cuaca sudah mulai meningkat. Ke depan nantinya akan lebih ekstrem lagi. Jika curah hujan tinggi, wilayah Selatan akan terdampak dari aliran sungai dari atas (kabupaten). Saya minta selalu cek kondisi di sungai itu, apakah berpotensi banjir atau tidak,” ujar Habib Hadi-panggilan wali kota.

Habib Hadi juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungannya. Sebab, genangan air yang terjadi di beberapa titik Kota Probolinggo disebabkan masih adanya tumpukan sampah yang menghambat drainase.

“Mari kita menjaga lingkungan agar tidak terjadi banjir dan bencana yang tidak kita inginkan. Tanpa kebersamaan, tidak cukup untuk menanggulangi semua permasalahan yang ada,” ajak Habib Hadi kepada warganya.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya menjelaskan pihaknya sudah memetakan mana-mana saja kawasan di Kota Probolinggo yang rawan terjadi bencana banjir. “Kami sudah menyiapkan 350 personel gabungan, yang siap bertindak ketika bencana terjadi. Tentunya, kita berdoa agar Kota Probolinggo dan sekitarnya terhindar dari bencana,” terangnya.

Selain banjir dari wilayah Selatan, Kota Probolinggo juga mewaspadai banjir di daerah Kampung Dok, Kecamatan Mayangan. Permukiman yang ada di paling Utara dekat laut, yang kerap banjir jika air laut meninggi ditambah genangan air akibat hujan. (ndi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO