DPRD Jatim Pantau Kesiapan Pilkada Serentak di Jember

DPRD Jatim Pantau Kesiapan Pilkada Serentak di Jember Ilustrasi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Jawa Timur, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur yang diwakili oleh Komisi A, mendatangi kantor KPU Jember, Jumat (3/1/2019).

Rombongan Komisi A yang dipimpin langsung oleh ketua Mayjen TNI (Purn) Dr. Istu Hari Subagio, datang untuk memantau persiapan Pilkada serentak 2020 di Jember.

"Kami memiliki tugas untuk memonitoring kesiapan KPU kabupaten/kota seluruh provinsi Jatim yang melaksanakan Pilkada pada tahun ini," kata Istu saat dikonfirmasi wartawan di sela kunjungannya ke kantor KPU Jember di Jalan Kalimantan, Kecamatan Sumbersari, Jumat (3/1/2019).

Dari 19 kabupaten/kota yang menggelar bakal Pilkada serentak, Komisi A sudah sudah melakukan kunjungan ke Lamongan dan Kabupaten Malang pada akhir 2019 kemarin. "Kemudian kami lanjutkan ke Jember, dan hasilnya kabupaten ini sangat optimis berlangsung lancar. Di mana titik tekannya, adalah perihal anggaran," katanya.

Alasan Istu menekankan pada persoalan anggaran, karena hal tersebut menjadi salah satu kunci suksesnya pelaksanaan pilkada. "Tapi tentunya, selain anggaran, faktor keamanan saat jalannya Pilkada juga menjadi salah satu hal yang turut kami tanyakan kepada KPU Jember," ucapnya.

Di mana untuk soal keamanan, lanjut legislator dari Golkar ini, diketahui KPU sudah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat, terutama pihak kepolisian. “KPU dan Bawaslu pun, juga harus berdiri di tengah, tidak boleh berpihak pada salah satu pihak manapun,” pesannya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in memastikan anggaran untuk Pilkada Jember 2020 aman.

"Total dana hibah yang diterima KPU Jember dari Pemkab sebesar Rp 82 miliar. Pencairannya dibagi dalam tiga tahap. 2019 lalu sudah diterima sebesar Rp 2 M, awal tahun ini dicairkan kembali Rp 70 M, dan sisanya nanti jelang Pilkada," ujarnya.

"Selain itu, program sosialisasi hingga akan masuk tahap pembentukan tim Ad Hoc KPU Jember, juga siap kami laksanakan," imbuhnya.  (ata/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO