Senin, 24 Februari 2020 18:13

DPRD Jatim Pantau Kesiapan Pilkada Serentak di Jember

Jumat, 03 Januari 2020 17:09 WIB
Editor: .
Wartawan: Muhammad Hatta
DPRD Jatim Pantau Kesiapan Pilkada Serentak di Jember
Ilustrasi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Jawa Timur, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur yang diwakili oleh Komisi A, mendatangi kantor KPU Jember, Jumat (3/1/2019).

Rombongan Komisi A yang dipimpin langsung oleh ketua Mayjen TNI (Purn) Dr. Istu Hari Subagio, datang untuk memantau persiapan Pilkada serentak 2020 di Jember.

"Kami memiliki tugas untuk memonitoring kesiapan KPU kabupaten/kota seluruh provinsi Jatim yang melaksanakan Pilkada pada tahun ini," kata Istu saat dikonfirmasi wartawan di sela kunjungannya ke kantor KPU Jember di Jalan Kalimantan, Kecamatan Sumbersari, Jumat (3/1/2019).

Dari 19 kabupaten/kota yang menggelar bakal Pilkada serentak, Komisi A sudah sudah melakukan kunjungan ke Lamongan dan Kabupaten Malang pada akhir 2019 kemarin. "Kemudian kami lanjutkan ke Jember, dan hasilnya kabupaten ini sangat optimis berlangsung lancar. Di mana titik tekannya, adalah perihal anggaran," katanya.

Alasan Istu menekankan pada persoalan anggaran, karena hal tersebut menjadi salah satu kunci suksesnya pelaksanaan pilkada. "Tapi tentunya, selain anggaran, faktor keamanan saat jalannya Pilkada juga menjadi salah satu hal yang turut kami tanyakan kepada KPU Jember," ucapnya.

Di mana untuk soal keamanan, lanjut legislator dari Golkar ini, diketahui KPU sudah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat, terutama pihak kepolisian. “KPU dan Bawaslu pun, juga harus berdiri di tengah, tidak boleh berpihak pada salah satu pihak manapun,” pesannya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in memastikan anggaran untuk Pilkada Jember 2020 aman.

"Total dana hibah yang diterima KPU Jember dari Pemkab sebesar Rp 82 miliar. Pencairannya dibagi dalam tiga tahap. 2019 lalu sudah diterima sebesar Rp 2 M, awal tahun ini dicairkan kembali Rp 70 M, dan sisanya nanti jelang Pilkada," ujarnya.

"Selain itu, program sosialisasi hingga akan masuk tahap pembentukan tim Ad Hoc KPU Jember, juga siap kami laksanakan," imbuhnya.  (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...