Minggu, 29 Maret 2020 07:39

Sempat Kecohkan Petugas, Warga Sukodono Sidoarjo Diringkus Berikut Sabu 72,54 Gram

Senin, 30 Desember 2019 20:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Sempat Kecohkan Petugas, Warga Sukodono Sidoarjo Diringkus Berikut Sabu 72,54 Gram
Agus Diantoro (34), pengedar narkoba warga Dusun Ciro, Desa Jemputrejo RT 1 RW 2 Sukodono.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satresnarkoba Polresta Sidoarjo berhasil meringkus Agus Diantoro (34), warga Dusun Ciro, Desa Jemputrejo RT 1 RW 2 Sukodono. 

Banyak yang tidak menyangka bahwa pria yang biasa berdagang buah di Pasar Sukodono itu terlibat peredaran narkoba. Jaringannya pun diduga kelas kakap. Sebab, dari tangannya, petugas berhasil menyita sabu dengan berat total mencapai 72,54 gram.

Penangkapan Agus bermula dari pengamatan petugas tentang peredaran barang haram jenis sabu yang marak terjadi di Kota Delta. "Mengerucut ke satu lokasi, kami pantau selama beberapa hari," ungkap Kasatresnarkoba AKP Muh Indra Najib.

Saat itu, tidak ada aktivitas yang mencurigakan dari tersangka. Sebab, sehari-hari, pria tamatan SD itu hanya beraktivitas sebagai petani dan pedagang buah. Namun, dari patroli siber yang dilakukan, jejak digital mengarah pada rumah pelaku. 

“Langsung kami datangi dan menginterogasi pelaku,” terang mantan Kasatreskrim Polres Ngawi itu.

Agus pun tak langsung mengaku. Bapak dua anak itu berkilah dengan seribu alasan. Untungnya, petugas kembali memeriksa handphonenya. 

"Ada pesan masuk dari handphonenya. Nomor tak dikenal. Pesan tersebut memberikan informasi bahwa rumahnya akan digerebek,” jelas Indra.

Nah, hal tersebut membuat Agus mulai panik. Dia semakin tidak berkutik ketika petugas memeriksa handphonenya. “Ada berbagai riwayat percakapan menggunakan berbagai bahasa kode. Yang jelas sangat mencurigakan. Akhirnya, tak lama kemudian, pria 34 tahun itu mengaku telah terlibat peredaran obat haram. 

“Tersangka menyimpan sabu-sabu di halaman rumahnya,” jelas Indra.

Yaitu, dengan menyimpan barang haram tersebut di sebuah kotak, dan menguburnya di dalam tanah, persis di samping rumahnya. “Ada lima poket sabu dengan berat total mencapai 72,54 gram,” papar perwira dengan tiga balok di pundaknya ini.

Selain itu, lanjutnya, terdapat seperangkat timbangan dan sekrup kecil yang digunakan untuk mengecer serbuk kristal tersebut. Tersangka mengaku mendapatkan sabu dari seorang bernama Abah Joko. 

“Untuk dilempar (dijual, Red) kembali, dengan keuntungan sebesar Rp 2 juta tiap transaksi,” kata Indra.

Agus saat ini mendekam di balik sel tahanan Polresta Sidoarjo. Dia terancam mendapatkan hukuman penjara hingga 12 tahun penjara. Karena terbukti menyimpang jenis narkoba golongan I itu. “Sesuai dengan pasal 114 UU Narkotika,” pungkas Indra. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...