Puan Maharani Tangani Penyelenggaraan Haji

Puan Maharani Tangani Penyelenggaraan Haji Puan Maharani. Foto: antara

BangsaOnline-Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, , mengumumkan kuota peserta haji 2015 sama dengan kuota di 2014. "Yaitu, 168 ribu orang yang perlu diberikan rasa aman dalam menjalani ibadah haji," kata Puan ketika membuka rapat koordinasi tingkat menteri tentang penyelenggaraan haji 2015 pertama di kantornya, di Jakarta, Kamis, 11 Desember 2014.

Menurut Puan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia menjadi penanggung jawab penyelenggaraan haji menggantikan Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat. Kewenangan Kemenkokesra sendiri, ujarnya, tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2010 tentang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010-2014. Puan juga bakal membentuk badan keuangan haji sebagaimana dimintakan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kesehatan Nina Moeloek, dan Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M. Fachir. 

Menteri Lukman sebelumnya juga mengungkapkan penyelenggaraan haji tahun depan. Menurut dia, pemerintah akan menerapkan program haji elektronik. "Sehingga data-data kita bisa terhimpun dalam satu program elektronik," ujar Lukman Hakim Saifuddin saat di Padang. E-haji ini akan mendata semua data jemaah haji. Tidak saja nama dan alamat, tapi juga pemondokannya di Madinah dan Mekah.

Selain itu, tahun depan, pemerintah akan memprioritaskan jemaah yang belum pernah berhaji. Sebab, kuota haji 2015 diperkirakan semakin kecil.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO