Bumikan Quran di Bangkalan, Bupati Gelar Gebyar GBMQ

Bumikan Quran di Bangkalan, Bupati Gelar Gebyar GBMQ Kepala Dinas Pendidikan Dr. Bambang Mustika menyerahkan buku pentunjuk teknis Gerakan Bangkalan Menghafal Alquran (GBMQ) kepada Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Imron Amin.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Gebyar Gerakan Bangkalan Menghafal Al Quran (GBMQ) melalui peningkatan kompetensi membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur'an digelar di Gedung Rato Ebu, Rabu (18/12).

R. Abdul Latif Amin mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program visi misi bupati. Dengan maksud, kegiatan ini bisa membumikan Al-Quran di Kabupaten Bangkalan sebagai Kota Zikir dan Salawat.

"Dengan acara ini kami berharap generasi penerus kita ini selain bisa menghafal Al-Qur'an, juga bisa menulis Al-Qur'an minimal dengan menghafal Juz Amma," ujar bupati.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan Bambang Mustika mengatakan, kegiatan ini diawali dari kebiasaan sekolah-sekolah.  "Jadi bukan program dadakan, kemudian kita wadahi dan akan terus berkembang hingga tahun berikutnya," ujarnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan terus melakukan pengembangan pembangunan karakter, bukan hanya pendidikan fisik.

Selain itu, Bambang juga mengatakan bahwa kegiatan menghafal Al-Qur'an ini tidak direncanakan untuk diterapkan di kurikulum. Namun, akan dimasukkan di muatan lokal atau menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

"Dengan digelarnya acara menghafal Al Quran ini, saya targetkan siswa SD nanti sudah bisa hafal di juz 30 dan SMP tinggal menambah lafalannya saja. Bukan hanya menghafal saja namun juga harus bisa menulis juga," pungkasnya. (ida/uzi/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO