Jokowi Ancam Copot Menteri Pertanian

Jokowi Ancam Copot Menteri Pertanian Jokowi. Foto: tempo.co

JAKARTA (BangsaOnline) - Presiden Joko Widodo optimistis target pangan dalam periode paling lama tiga tahun mendatang bisa tercapai. Tiga tahun lagi, menurut dia, minimal ada beras. "Kalau tidak, menteri pertanian saya copot, tapi saya yakin target ini bisa tercapai," kata saat memberikan kuliah umum di UGM pada Selasa, 9 Desember 2014.

Menurut perhitungannya sudah matang. Pembenahan saluran irigasi, yang kini masih rusak 70 persen, bisa tuntas dalam setahun dengan dana hanya Rp15 triliun. Dalam waktu yang sama, target pembangunan 49 waduk di 11 provinsi dengan kebutuhan dana Rp24 triliun juga realistis. "Saya gak mau lagi Indonesia bergantung pada impor pangan," kata .

Menurut dia, begitu target beras tercapai, maka akan diikuti jenis pangan lain seperti jangung, kedelai dan gula pada akhir pemerintahannya lima tahun mendatang. mengaku sudah meminta fokus memperhatikan ketersediaan infrastruktur gudang pangan dan industri hilirisasinya. "Ketika jangan sampai harga panen petani anjlok, semua harus dibeli," kata dia.

Selama ini, menurut dia, target pangan kerap gagal karena ada pemburu rente di prakti impor beragam komoditas kebutuhan pokok. menuding ada oknum kementerian dan importir yang menerima keuntungan dari maraknya impor pangan. "Impor gula katanya untuk industri makanan dan minuman, tapi malah ada di pasar," kata .

Akibatnya, banyak produksi gula dari tebu petani lokal Indonesia menumpuk di gudang. Dia mengaku tahu secara persis lokasi pasar dan pedagang penjual gula impor yang semestinya tidak boleh untuk kebutuhan konsumsi masyarakat. "Saya tahu persis, kalau masih bantah, saya bisa menunjukkan kotanya hingga pedangnya," kata .

Sumber: tempo.co

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO