Besok, Wagub Jatim Hadiri Dialog Publik Bahas Penanganan Kali Lamong

Besok, Wagub Jatim Hadiri Dialog Publik Bahas Penanganan Kali Lamong Pimpinan DPRD saat memberikan keterangan pers terkait pelaksanaan diskusi publik yang bakal digelar Kamis (4/12) besok. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik bekerja sama dengan sejumlah media menggelar dialog publik bertajuk "Tuntaskan Kali Lamong dan Normalisasi Total", di Hotel Pesonna, Kamis (5/12), besok.

Dialog publik itu bakal dihadiri Wakil Gebernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Di antaranya, Kepala Balai Besar Bengawan Solo (BBWS) Ir. Charisal Ksian Manu, M.Si. Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik Dr. Asep Heri, S.H., M.H, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Gresik Fransiskus Arkadeus Ruwe, S.H., M.H, dan sejumlah anggota Komisi V DPR RI.

Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani mengaku sangat mengapresiasi digelarnya dialog tersebut. Ia berharap kegiatan yang dicetuskan DPRD Gresik ini bisa menjawab tuntutan masyarakat untuk menuntaskan persoalan banjir Kali Lamong yang selama ini telah banyak menelan korban.

"Dialog publik ini bisa menghasilkan solusi konkret untuk menuntaskan problem Kali Lamong. Insya Allah, saya yakin dan optimis problem Kali Lamong bisa diselesaikan," terangnya.

Sekadar diketahui, banjir akibat luapan Kali Lamong terakhir terjadi pada bulan Maret-April tahun 2019. Ada empat korban jiwa akibat bencana tersebut. Banjir tahunan tahun ini juga menelan kerugian materiil sangat besar bagi para korban terdampak

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik menyebutkan kerugian meteriil banjir Kali Lamong pada bulan Maret-April 2019 mencapai Rp Rp 78.843.000.000.

Kerugian itu berasal dari sejumlah objek areal sawah dan tambak yang terendam tersebar di wilayah Kecamatan Cerme, Benjeng, Balongpanggang, Duduksampeyan, dan Menganti. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO