DPRD Kota Batu Dukung Pemekaran Kelurahan Sisir

DPRD Kota Batu Dukung Pemekaran Kelurahan Sisir Kantor Kelurahan Sisir.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wacana pemekaran wilayah Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, mendapat angin segar dari pimpinan DPRD .

Wakil Ketua DPRD dari PKB, Nurochman, S.H. mendukung penuh wacana tersebut dan meminta Pemerintah segera melakukan kajian secara komprehensif.

"Kami sangat mendukung upaya pemekaran suatu wilayah, termasuk di Kelurahan Sisir. Sejauh hal itu sudah melalui kajian yang komprehensif terkait dengan jumlah penduduk, kewilayahan, dan aspek lainnya, maka itu sah-sah saja," ujar Nurochman yang juga Ketua DPC PKB , Jumat (22/11).

Diingatkan, sebelum memutuskan pemekaran wilayah Sisir, harus mengajak semua stakeholder membicarakan hal tersebut, seperti LPMK dan tokoh-tokoh masyarakat setempat supaya berkontribusi pemikiran. Karena pemecahan wilayah juga akan berakibat pada perubahan dokumen kependudukan dan lain-lain.

Ditambahkan, berbicara masalah pemekaran wilayah sudah pasti berbicara daerah mana saja yang akan dimekarkan. Namun pihaknya yakin, bila nanti benar-benar terwujud pemekaran di Kelurahan Sisir, pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal.

Tidak hanya itu, kata Nurochman, pemekaran wilayah Sisir akan berdampak pada peningkatan pembangunan di wilayah Sisir. Pertimbangannya, jika semisal sebelum dimekarkan Kelurahan Sisir hanya menerima Rp 1 miliar dana kelurahan, maka jika sudah dimekarkan menjadi 2 kelurahan, maka untuk wilayah Sisir saja sudah mendapat Rp 2 miliar.

Menanggapi wacana pemekaran itu, Adinda, warga Jalan Kawi, Sisir mengungkapkan dukungannya. Menurutnya, potensi perkembangan pembangunan wilayah Sisir ke depan akan lebih baik dari sebelumnya. Apalagi saat ini pemerintah pusat telah mengalokasikan dana kepada tiap-tiap kelurahan.

"Saya sangat mendukung jika nanti wilayah Sisir di bagi jadi dua wilayah. Sebab saya tahu sendiri jumlah penduduk Sisir sangat banyak. Kalau nanti dipecah, kemungkinan pertumbuhan pembangunan di dua wilayah ini akan tampak," ujar Adinda yang juga anggota Karang Taruna Kelurahan Sisir.

Seperti diberitakan, wacana pemekaran wilayah Kelurahan Sisir terungkap dari pernyataan H. Subianto, S.H., Ketua Fraksi PKB DPRD , yang juga warga Kelurahan Sisir. Menurutnya, saat ini wacana pemekaran wilayah Sisir sedang dalam kajian Pemerintah .

Salah satu alasan pemekaran wilayah tersebut karena saat ini jumlah penduduk Kelurahan Sisir sudah mencapai 20 ribu jiwa lebih. Wilayah Sisir nantinya akan dimekarkan menjadi 2 wilayah, yakni Sisir utara dan Sisir selatan. (asa/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO