7.000 Guru TPQ di Tuban Dapat Pembinaan

7.000 Guru TPQ di Tuban Dapat Pembinaan Bupati Tuban Fathul Huda juga memberikan penghargaan kepada guru TPQ berprestasi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 7.000 guru Tempat Pendidikan Alquran (TPQ) di Kabupaten mendapatkan pembinaan dari Pemkab Tuban di Pendopo Krido Manunggal, Kamis (21/11). Dalam acara itu, para guru TPQ mendapat wejangan dari Dr. KH. A. Mustain Syafii., M.Ag, pengasuh pondok pesantren Madrasatul Qur'an, Tebuireng, Jombang.

Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan, selain pembinaan SDM, Pemkab telah memberikan bantuan hibah untuk pendirian TPQ yang tersebar di seluruh kecamatan. Pada tahun 2019, guru TPQ juga telah menerima kenaikan honorarium. Guru TPQ yang hufadz juga akan mendapat penghargaan tersendiri.

"Pemkab Tuban akan terus mengupayakan meningkatkan jumlah penerima hibah pembangunan TPQ. Selain itu, peningkatan kesejahteraan guru TPQ sesuai kemampuan anggaran," ujarnya.

Bupati berharap, guru TPQ di Tuban senantiasa mendukung pemkab dalam rangka pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu hasil dari jerih payah tersebut, kafilah Kabupaten Tuban yang meraih juara umum pada Musabaqoh Tilawatil Quran ke-28 Provinsi Jawa Timur. Selain itu. Pemkab Tuban berkomitmen mengembangkan pendidikan karakter bagi masyarakat Kabupaten Tuban.

"Komitmen tersebut termanifestasikan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tuban Nomor 5 Tahun 2018 tentang Gerakan Mengaji dan Perda Kabupaten Tuban (Perda) Kabupaten Tuban No. 6 tahun 2016 tentang Pendidikan Akhlak Mulia," bebernya.

Lebih lanjut, Bupati yang juga alumni Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini berharap, program Pemprov Jatim One Pesantren One Product dan Millenial Job Center dapat dikembangkan di Kabupaten Tuban. Karena program pemberdayaan ekonomi di kalangan pesantren tersebut perlu didukung dengan pelatihan, pendampingan, dan akses pemasaran.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO