Masyarakatkan Budaya Membaca, Pemkab Situbondo Dorong Pembentukan Perpustakaan Desa

Masyarakatkan Budaya Membaca, Pemkab Situbondo Dorong Pembentukan Perpustakaan Desa Sekda Syaifullah saat memberikan arahan tentang perpustakaan desa.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terus membuat terobosan untuk memasyarakatkan budaya gemar membaca.

Berbagai program inovasi telah diinisiasi oleh Pemkab. Seperti saat ini, Pemkab Situbondo sedang mendorong pembentukan perpustakaan tiap-tiap desa yang tersebar di 17 kecamatan se-Situbondo.

Sekda Situbondo, Syaifullah mengatakan, dalam penyediaan perpustakaan di desa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah siap menyediakan fasilitas buku bacaan. "Desa tinggal menyediakan tempat yang mampu menarik masyarakat untuk datang," katanya, Selasa (19/11), di aula lantai II Pemkab Situbondo.

Menurut Syaiful, lokasi perpustakaan tidak perlu bagus. Bahkan, bisa memanfaatkan tempat-tempat terbuka. Seperti kawasan wisata, dan tempat keramaian lainnya. "Bisa dibuat lesehan. Tidak perlu formal. Tetapi bagaimana orang senang," kata Syaifullah.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa perpustakaan merupakan wahana untuk belajar. Melalui sarana tersebut, bisa mengembangkan potensi dan wawasan masyarakat Situbondo. "Peran perpustakaan sangat vital. Dengan perpustakaan akan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Situbondo, Usman mengungkapkan, pihaknya menggelar rapat koordinasi pengembangan perpustakaan desa, dan diikuti sebanyak 120 orang. Peserta terdiri dari ketua tim penggerak PKK kecamatan dan desa.

"Ya kita ini adakan rapat kordinasi terkait dengan pengembangan perpustakaan desa. Tiap-tiap kecamatan diwakili lima desa," katanya.

Ia menerangkan, rapat tersebut bertujuan untuk pemberdayaan gemar baca masyarakat. Melalui forum itu, dilakukan penyeragaman pedoman penyelenggaraan perpustakaan desa sesuai peraturan dan pedoman yang berlaku.

"Juga diharapkan ada peningkatan penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan desa lebih baik. Kemudian, kita mendorong terbentuknya paguyuban perpustakaan desa di tiap kecamatan," pungkas Usman. (mur/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO