GCBI Lestarikan Bahasa Indonesia dengan Kuis

GCBI Lestarikan Bahasa Indonesia dengan Kuis Anggota Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) saat sedang memberikan kuis kepada warga di Alun-alun Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa. Tak heran banyak pihak yang berusaha melestarikannya. Termasuk Balai Bahasa Jawa Timur bersama sejumlah relawannya. Unik, mereka mengajak masyarakat untuk melestarikan bahasa Indonesia menggunakan kuis di Alun-alun , Minggu (17/11).

Pemandangan berbeda nampak di keramaian alun-alun . Sejumlah muda-mudi berbaju merah nampak berkumpul di sejumlah titik. “Gerakan Cinta Bahasa Indonesia,” begitu tulisan yang menonjol di baju merah yang dikenakan muda-mudi itu.

Tidak hanya berdiam diri, mereka menghampiri sejumlah warga yang ada di sekitarnya. Kertas berisikan kuis pertanyaan disodorkan kepada setiap warga yang dijumpai.

Pertanyaan dalam kuis itu juga terbilang tidak sulit. Hanya seputar penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Souvenir yang menarik juga langsung dibagikan kepada warga yang berhasil menjawab kuis dengan benar.

Tri Winiasih, Ketua Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) mengungkapkan jika giat itu sengaja dilakukan dalam memperingati hari bulan bahasa sekaligus peringatan sumpah pemuda. “Kita ingin masyarakat bersikap positif terhadap Bahasa Indonesia,” katanya.

Saat ini, lanjut Tri Winiasih, masyarakat cenderung lebih minat pada penggunaan bahasa asing dari pada Bahasa Indonesia. Padahal Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu yang juga tertulis dalam sumpah pemuda.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO