Rabu, 11 Desember 2019 05:24

GCBI Lestarikan Bahasa Indonesia dengan Kuis

Minggu, 17 November 2019 22:38 WIB
Editor: .
Wartawan: Catur Andy
GCBI Lestarikan Bahasa Indonesia dengan Kuis
Anggota Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) saat sedang memberikan kuis kepada warga di Alun-alun Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa. Tak heran banyak pihak yang berusaha melestarikannya. Termasuk Balai Bahasa Jawa Timur bersama sejumlah relawannya. Unik, mereka mengajak masyarakat untuk melestarikan bahasa Indonesia menggunakan kuis di Alun-alun Sidoarjo, Minggu (17/11).

Pemandangan berbeda nampak di keramaian alun-alun Sidoarjo. Sejumlah muda-mudi berbaju merah nampak berkumpul di sejumlah titik. “Gerakan Cinta Bahasa Indonesia,” begitu tulisan yang menonjol di baju merah yang dikenakan muda-mudi itu.

Tidak hanya berdiam diri, mereka menghampiri sejumlah warga yang ada di sekitarnya. Kertas berisikan kuis pertanyaan disodorkan kepada setiap warga yang dijumpai.

Pertanyaan dalam kuis itu juga terbilang tidak sulit. Hanya seputar penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Souvenir yang menarik juga langsung dibagikan kepada warga yang berhasil menjawab kuis dengan benar.

Tri Winiasih, Ketua Gerakan Cinta Bahasa Indonesia (GCBI) mengungkapkan jika giat itu sengaja dilakukan dalam memperingati hari bulan bahasa sekaligus peringatan sumpah pemuda. “Kita ingin masyarakat bersikap positif terhadap Bahasa Indonesia,” katanya.

Saat ini, lanjut Tri Winiasih, masyarakat cenderung lebih minat pada penggunaan bahasa asing dari pada Bahasa Indonesia. Padahal Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu yang juga tertulis dalam sumpah pemuda.

Dari keprihatinan itulah, Tri Winiasih bersama 110 orang yang terdiri dari pegawai Balai Bahasa dan sejumlah mahasiswa itu turun ke jalan menggelar kuis bahasa. Dengan kuis, souvenir yang didapat tidak dengan cara geratis.

Namun juga ada upaya menjawab pertanyaan dengan benar. “Pastinya agar masyarakat lebih cinta lagi Bahasa Indonesia,” imbuhnya.

GCBI ini hampir setiap tahun dilaksanakan, namun dengan konsep dan tempat yang berbeda. Sebelumnya, kuis bahasa dilakukan di jalan raya. Kali ini, digelar di keramaian alun-alun Sidoarjo.

Tantangan lain dalam pelestarian Bahasa Indonesia adalah berkembang pesatnya gadget di masyarakat. Mulai dari anak-anak dan orang tua sudah sangat akrab dengan media komunikasi itu. Yang disayangkan, dalam melakukan percakapan, misal dalam penulisan pesan juga sangat sedikit yang memperhatikan kaidah Bahasa Indoensia.

Namun, Tri Winiasih tidak terlalu mempersoalkan hal tersebut. Yang paling ditekankan adalah penggunaan Bahasa Indonesia dalam komunikasi dan percakapan resmi. (cat)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...