Rabu, 16 Juni 2021 04:53

Pemkot Pasuruan Sosialisasi Rencana Pemasangan Jargas Rumah Tangga 2020

Rabu, 13 November 2019 00:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ardianzah
Pemkot Pasuruan Sosialisasi Rencana Pemasangan Jargas Rumah Tangga 2020
Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, S.T. saat membuka sosialisasi.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota  (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan menggelar Sosialisasi Rencana Pemasangan dan Pemanfaatan Jaringan Gas (Jargas), di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kota Pasuruan, Selasa (12/11). 

Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan pembangunan jaringan gas merupakan bagian dalam RPJMN tahun 2015-2019 karena dapat memenuhi kebutuhan energi yang bersih, murah, ramah lingkungan dan efisien. Jaringan gas juga merupakan sebagai salah satu proyek strategis nasional yang manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. 

"Sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 Jo Peraturan Presiden Nomor 56 tahun 2018 serta diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 6 tahun 2019 tentang penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jaringan transmisi dan/atau distribusi gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan dari program pembangunan jargas adalah memberikan akses energi kepada masyarakat, memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui penghematan pengeluaran biaya bahan bakar.

BACA JUGA : 

Gus Ipul Pimpin Sertijab Sekda, Ketua DWP, dan 7 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kota Pasuruan

Duta GenRe Kota Pasuruan Diharapkan Mampu Jadi Konselor dan Role Model Inspiratif Bagi Para Remaja

Di Bawah Guyuran Hujan, Gus Ipul Lantik Sekda Kota Pasuruan dan 7 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Hargai Pejuang Kemerdekaan, Pemkot Pasuruan Silaturrahim Dengan Legiun Veteran RI se-Pasuruan Raya

"Membantu ekonomi masyarakat menuju ekonomi masyarakat mandiri dan ramah lingkungan dan mengurangi beban subsidi BBM dan/atau LPG pada sektor rumah tangga," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Teno menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian ESDM melalui Perusahaan Gas Negara (PGN) yang telah membantu Pemerintah Kota Pasuruan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi yang bersih, murah, ramah lingkungan dan efisien.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Dyah Ermitasari, ST, MT menuturkan, maksud dan tujuan sosialisasi ini adalah untuk membantu meminimalisir biaya kebutuhan hidup sehari-hari warga Kota Pasuruan.

"Karena harga gas bumi lebih murah dan dapat meningkatkan perekonomian daerah, memberikan pemahaman kepada masyarakat calon penerima bantuan jaringan gas tentang operasional jaringan gas serta meminimalisir bahaya/dampak yang ditimbulkan akibat pemakaian jaringan gas bumi," tuturnya. 

Ia melaporkan, pada tahun 2018 telah terbangun jaringan gas dan sambungan rumah sebanyak 5.000 kepala keluarga (KK) di 8 kelurahan. Rencana akan dibangun jaringan dan sambungan rumah sebanyak ± 7.004 KK di tahun 2020 di 10 kelurahan. 

Mulai Kelurahan Bugul Kidul, Kelurahan Krampyangan, Kelurahan Bakalan, Kelurahan Purutrejo, Kelurahan Tembokrejo, Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Sekargadung, Kelurahan Petamanan, Kelurahan Pekuncen, dan Kelurahan Kandangsapi.

Peserta sosialisasi sebanyak 400 orang yang terdiri dari undangan OPD 8 peserta, kecamatan 3 peserta, kelurahan 10 peserta, RT, RW, Tokoh Masyarakat dan Calon Penerima Manfaat Jaring Gas 375 peserta dan Perusahaan Gas Negara (PGN) 4 peserta. 

Turut hadir Plt Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas OPD Terkait, Camat dan Lurah Kota Pasuruan, Narasumber dari PT. PGN Cabang Pasuruan, peserta sosialisasi serta undangan lain. (ard/par/ian) 

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...