Rabu, 12 Agustus 2020 22:55

Hari Kesehatan Nasional ke-55, Bupati Bangkalan Target Turunkan Angka Stunting

Selasa, 12 November 2019 13:59 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Hari Kesehatan Nasional ke-55, Bupati Bangkalan Target Turunkan Angka Stunting
Bupati Bangkalan Abdul Latif Imron Amin memberikan perngharangaan kepada Zainab Zuraidah atas kepedulian dan dukungannya terhadap program kesehatan di Kab. Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di lapangan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Selasa (12/11/2019).

Bupati Bangkalan, Abdul Latif Imron Amin mengatakan dalam momen peringatan HKN ini, pihaknya ingin mengurangi jumlah angka stunting yang ada di Kabupaten Bangkalan. Pihaknya akan melakukan pendataan serta verifikasi dan validasi (verval) anak stunting dengan melibatkan bidan desa.

Dengan melibatkan bidan desa, Bupati berharap mendapat data stunting yang valid secepat mungkin. "Peran bidan desa sangat penting dalam masalah ini, karena bidan desa lebih mengetahui secara pasti perihal kondisi di setiap desa," katanya

Menurut Ra Latif, sapaan bupati, data stunting dari tahun ke tahun semakin banyak. "Stunting ini kan biasanya data usia anak dari 0-5 tahun. Selebihnya itu kan harus ada data anak terdeteksi stunting yang baru, bukan terus ditumpuk seperti sekarang, hingga mencapai 3.000," ujarnya.

Banyaknya kasus stunting, menjadikan Bangkalan sebagai kabupaten terbanyak ke-4 se-Jawa Timur untuk kasus stunting. Karena itu, Ra Latif juga mengimbau agar masyarakat bisa menjaga pola hidup sehat, terutama bagi ibu hamil dan balita.

Usai upacara, bupati juga memberikan penghargaan kepada Zainab Zuraidah selaku Ketua TP PKK Bangkalan atas kepedulian dan dukungannya terhadap program kesehatan di Kab. Bangkalan.

Selain itu, bupati juga memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan, serta pegawai di lingkungan Dinkes yang purna tugas.

Bupati juga menyerahkan piala lomba Puskesmas Ceria kepada Puskesmas Blega, Puskesmas Kamal Puskesmas Tanah Merah. Kemudian piala lomba Polindes Ceria kepada Puskesmas Tragah, Puskesmas Kamal, dan Puskesmas Sukolilo. Serta menyerahkan piala lomba Posyandu terbaik untuk Puskesmas Kamal, Puskesmas Burneh, serta Puskesmas Blega.

(Plt. Kepala Dinkes Sudiyo memberikan piala penghargaan kepada juara lomba Puskesmas Ceria)

Tidak hanya upacara, dalam peringatan HKN ini Pemkab Bangkalan juga menggelar pengobatan gratis yang digelar di Pendopo 2 Bangkalan. Acara ini akan dilaksanakan secara bertahap di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan.

Upacara pagi ini diikuti Forpimda, jajaran Dinkes, Kepala Puskesmas beserta jajaran, Sekolah Sesehatan, Persatuan Perawat Nasional Bangkalan, Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan (Pelbaki) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangkalan. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...