Minggu, 17 November 2019 11:45

Sambangi UPTD ABK Sidoarjo, Ini Harapan Menteri Australia Barat

Jumat, 08 November 2019 17:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Sambangi UPTD ABK Sidoarjo, Ini Harapan Menteri Australia Barat
KUNJUNGAN: Menteri urusan Asia Australia Barat saat mengunjungi UPTD ABK Sidoarjo, Jumat (8/11). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Menteri urusan Asia dari negara bagian Australia Barat, Mr Peter Charles Tinley AM, MLA mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Jalan Pahlawan, Sidoarjo, Jumat (8/11).

Mr. Tinley menyatakan, kedatangannya untuk memantau perkembangan pelayanan ABK di Kabupaten Sidoarjo, hasil kerja sama Sister Province/State antara Provinsi Jatim dengan Australia Barat yang melibatkan Kabupaten Sidoarjo.

"Pemerintah Australia Barat akan terus membantu jalannya proyek pelayanan kepada ABK di Indonesia. Untuk itu, kami meminta dukungan semua pihak demi meningkatkan pelayanan ABK yang lebih baik," harapnya.

Kedatangan rombongan disambut Bupati Saiful Ilah, Ketua DPRD Sidoarjo Usman, Kepala Dikbud Sidoarjo Asrofi, Kepala UPTD ABK Sidoarjo Nanik Sumarviati, dan Wakil Ketua PKK Sidoarjo beserta jajarannya.

Menurut bupati, berdirinya UPT ABK di Sidoarjo, ternyata sangat bagus, bisa menjadi percontohan, terbukti banyak sekali pemerinta daerah yang berkunjung untuk belajar di UPT ABK Sidoarjo ini.

"Pemkab Sidoarjo juga sangat mendukung sekali, diakomodasi dan dibuatkan regulasi. Sehingga anak-anak ABK bisa bahkan banyak yang boleh belajar di sekolah biasa," cetusnya.

Bupati menegaskan, para ABK difasilitasi agar bisa masuk SMP Negeri. "Oleh karena itu kami terus minta bimbingan dari Australia, agar guru-guru ABK bisa diberikan pembekalan lagi," bebernya.

Sebagai informasi, Pemkab Sidoarjo terlibat dalam kerja sama peningkatan kualitas SDM, salah satunya dalam bentuk training yang diikuti di tahun 2012 dan 2013. Di tahun 2012, training hearing and speech, Patricia O’Sullivan Humanitarian Project Western Australia selama 3 (tiga) minggu pada tanggal 6-23 Mei 2012 dengan jumlah peserta 3 orang.

Sedangkan di tahun 2013, training management Autisme di Autism Association of Western Australia (AAWA) selama 6 (enam) minggu pada 18 Agustus–29 September 2013 dengan jumlah peserta 4 orang.

Sementara itu, Kepala UPTD ABK Sidoarjo Nanik Sumarviati memaparkan sejak berdiri 2012 lalu, unit ini terus mendapat bantuan dari pemerintah Australia Barat. “Bantuan yang paling penting adalah ilmu untuk mengurus, merawat, dan mendidik para ABK ini,” kata Nanik.

Dia menambahkan, di tahun 2019 ini ada 81 anak tuna runggu, 76 anak dengan ganguan perkembangan saraf atau Autisic Spectrum Disorder (ASD), dan 15 ABK yang dilayani.

Berbagai progam telah dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada ABK di Kabupaten Sidoarjo. Seperti penambahan jumlah anak yang mendapatkan pelayanan serta penambahan sarana dan prasarana. Selain itu program penambahan jenis pelayanan ketunaan yang dapat ditangani juga telah dilaksanakan.

"Nantinya juga akan dilaksanakan program pengembangan seperti kelas transisi, school program, maupun home program," tutur Nanik. (sta/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...