Kamis, 23 Januari 2020 09:50

Disbudpar Jatim Gelar Festival Dalang Muda Diikuti 17 Daerah

Jumat, 08 November 2019 17:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Disbudpar Jatim Gelar Festival Dalang Muda Diikuti 17 Daerah
Pedalang cilik saat menunjukkan kebolehannya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim) menggelar Festival Dalang Muda Jatim yang berlangsung pada Kamis (7/11) hingga Sabtu (9/11), di Taman Budaya Jatim, Jl. Gentengkali, Surabaya. Festival Dalang Muda yang diikuti 17 daerah ini dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional.

Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Heru Tjahjono dalam sambutannya saat membuka acara itu mengingatkan pentingnya pemahaman pakem-pakem dalam dunia pewayangan bagi para dalang muda.

“Saya menitip kepada Pepadi (Persatuan Dalang Indonesia), dalam memberikan pengajaran dalang, cukup ‘pakem’nya saja, tidak perlu ilustrasi,” kata Sekdaprov Heru saat memberikan sambutan di Pendapa UPT Taman Budaya Jatim, Jalan Gentengkali 85 Surabaya, Kamis (7/11/2019).

Khusus kepada para dalang senior, Sekda berpesan agar lebih berhati-hati dan telaten menurunkan serta memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada juniornya. Hal tersebut dikarenakan dalang muda saat ini termasuk dalam kategori generasi milenial, masalah ‘Pakem’ adalah satu landasan penting yang harus ditanamkan ke setiap dalang muda.

"Pakem itu kaya akan filosofi, makna serta petuah-petuah tentang kehidupan yang diharapkan, yakni bisa disampaikan tak hanya kepada generasi saat ini, namun generasi mendatang," kata dia.

Heru juga menegaskan, pemahaman ‘pakem’ tanpa tambahan ilustrasi itu tidak bermaksud untuk mengurangi daya kreativitas para dalang muda. Namun sebagai upaya untuk tetap menjaga originalitas cerita yang disampaikan melalui wayang.

Para dalang muda diharapkan bisa lebih memahami dahulu pakem dasar dalam dunia pewayangan, sebelum mengembangkan kreativitas mereka. “Mereka boleh melakukan inovasi dalam sebuah pagelaran, pada saat goro-goro lalu campursarian boleh, atau mungkin campursari dengan orkestra juga boleh. Tapi jika kembali ke wayang, tetap harus pada pakemnya,” kata Sekdaprov Heru.

Heru juga menyampaikan dukungannya saat ditanya soal pagelaran dengan menggunakan bahasa Inggris. Menurut dia, penggunaan bahasa Inggris merupakan salah satu upaya menginternasionalkan wayang itu sendiri. Namun, sebut Heru, tetap harus dalam pakem-pakem yang telah ada sejak nenek moyang terdahulu. "Sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam wayang tidak hilang," jelas dia.

Dalam Festival Dalang Muda ini juga diramaikan dengan Pameran Seni Rupa Wayang dengan tema Ayang-ayang, Pameran Kerajinan Wayang, Lomba Mewarnai Wayang, Gamelan Sekaten, dan terdapat Flashmob. (dev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...