Pastikan Latihan Puncak Lancar, Satsel Koarmada II Gelar Apel Kesiapan

Pastikan Latihan Puncak Lancar, Satsel Koarmada II Gelar Apel Kesiapan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Satuan Tugas Latihan Penyelamatan Kapal Selam 2019 menggelar apel kelengkapan untuk memastikan agar latihan puncak nanti berjalan lancar dan aman, di Dermaga Kapal Selam , Rabu (30/10).

Pada apel kelengkapan tersebut, semua personel, perlengkapan, serta peralatan untuk pelaksanaan recovery escapes atau peran penyelamatan digelar dan diperiksa kesiapannya oleh Komandan Satsel Kolonel Laut (P) M. Iwan Kusumah. 

Adapun perlengkapan yang diperiksa kelengkapan dan kelayakannya seperti sekoci karet, tabung gas selam, peralatan selam, manekin, pelampung, chamber, serta peralatan kesehatan lapangan.

Iwan mengungkapkan jika seluruh perlengkapan dan peralatan harus disiapkan semaksimal mungkin agar latihan puncak dapat berjalan aman, lancar, sesuai prosedur keselamatan.

“Dengan adanya apel kelengkapan ini diharapkan kita bisa mengetahui sejauh mana kesiapan personel dan material baik selama mengikuti latihan hingga mencapai puncaknya di bulan November nanti. Saya harap panitia dan peserta agar ikuti prosedur standar operasi yang benar sehingga tahapan-tahapan latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman guna mewujudkan zero accident,” tegasnya kepada peserta apel.

Menurutnya, rencana latihan puncak atau manuver lapangan (Manlap) dari Latihan Penyelamatan Kapal Selam 2019 akan dilaksanakan di daerah Situbondo pada awal November nanti, dengan melibatkan empat kapal perang TNI AL, antara lain KRI Rigel-933 dari Pushidrosal, KRI Nagapasa-403, KRI Sultan Iskandar Muda-367, dan KRI Pulau Rengat-711. Selain kapal perang juga ikut mendukung pesawat udara dari Puspenerbal yakni satu unit pesud CN-235 dan heli panther.

Sementara untuk kesiapan personel selain ABK kapal selam, prajurit dari Satuan Kopaska dan Dislambair siap mendukung, begitu juga dengan personel Lakesla dan Diskes siap membantu kelancaran latihan hingga tahap puncak.

Agar latihan penyelamatan ini terlaksana dengan aman, lancar dan sukses maka usai apel kelengkapan dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Dansatsel, yang diberikan kepada Kelasi Liat Pardamean Sinaga anggota kapal selam sebagai perwakilan dari anggota Satgas Latihan Penyelamatan Kapal Selam, dilanjutkan dengan doa bersama.

Ikut hadir dalam apel, para Komandan Kapal Selam, Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367, Komandan KRI Pulau Rengat-711, personel Diskes , Tim Satkopaska , Tim Dislambair , serta ABK Kapal Selam . (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO