Selasa, 11 Agustus 2020 10:28

Pastikan Latihan Puncak Lancar, Satsel Koarmada II Gelar Apel Kesiapan

Rabu, 30 Oktober 2019 20:02 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
Pastikan Latihan Puncak Lancar, Satsel Koarmada II Gelar Apel Kesiapan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Satuan Tugas Latihan Penyelamatan Kapal Selam 2019 menggelar apel kelengkapan untuk memastikan agar latihan puncak nanti berjalan lancar dan aman, di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Rabu (30/10).

Pada apel kelengkapan tersebut, semua personel, perlengkapan, serta peralatan untuk pelaksanaan recovery escapes atau peran penyelamatan digelar dan diperiksa kesiapannya oleh Komandan Satsel Kolonel Laut (P) M. Iwan Kusumah. 

Adapun perlengkapan yang diperiksa kelengkapan dan kelayakannya seperti sekoci karet, tabung gas selam, peralatan selam, manekin, pelampung, chamber, serta peralatan kesehatan lapangan.

Iwan mengungkapkan jika seluruh perlengkapan dan peralatan harus disiapkan semaksimal mungkin agar latihan puncak dapat berjalan aman, lancar, sesuai prosedur keselamatan.

“Dengan adanya apel kelengkapan ini diharapkan kita bisa mengetahui sejauh mana kesiapan personel dan material baik selama mengikuti latihan hingga mencapai puncaknya di bulan November nanti. Saya harap panitia dan peserta agar ikuti prosedur standar operasi yang benar sehingga tahapan-tahapan latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman guna mewujudkan zero accident,” tegasnya kepada peserta apel.

Menurutnya, rencana latihan puncak atau manuver lapangan (Manlap) dari Latihan Penyelamatan Kapal Selam 2019 akan dilaksanakan di daerah Situbondo pada awal November nanti, dengan melibatkan empat kapal perang TNI AL, antara lain KRI Rigel-933 dari Pushidrosal, KRI Nagapasa-403, KRI Sultan Iskandar Muda-367, dan KRI Pulau Rengat-711. Selain kapal perang juga ikut mendukung pesawat udara dari Puspenerbal yakni satu unit pesud CN-235 dan heli panther.

Sementara untuk kesiapan personel selain ABK kapal selam, prajurit dari Satuan Kopaska dan Dislambair Koarmada II siap mendukung, begitu juga dengan personel Lakesla dan Diskes Koarmada II siap membantu kelancaran latihan hingga tahap puncak.

Agar latihan penyelamatan ini terlaksana dengan aman, lancar dan sukses maka usai apel kelengkapan dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Dansatsel, yang diberikan kepada Kelasi Liat Pardamean Sinaga anggota kapal selam sebagai perwakilan dari anggota Satgas Latihan Penyelamatan Kapal Selam, dilanjutkan dengan doa bersama.

Ikut hadir dalam apel, para Komandan Kapal Selam, Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367, Komandan KRI Pulau Rengat-711, personel Diskes Koarmada II, Tim Satkopaska Koarmada II, Tim Dislambair Koarmada II, serta ABK Kapal Selam Koarmada II. (dev/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...