Jalur Ganda KA Jombang - Madiun Siap Beroperasi

Jalur Ganda KA Jombang - Madiun Siap Beroperasi Ixfan Hendriwintoko saat memberikan keterangan di Setasiun Kertosono. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Jalur ganda (double track) Kereta Api (KA) sebagai proyek strategis nasional yang menghubungkan Jombang-Madiun siap dioperasikan. Jalur sepanjang 84 Km merupakan jalur strategis di lintas Selatan Pulau Jawa, dan pengoprasian jalur ganda akan dibagi empat tahapan.

PPK Pengembangan Perkeretaapian Jawa Timur Wilayah 1 (Jalur Ganda Jombang-Madiun) Yustina Nurhayati, melalui Ixfan Hendriwintoko selaku Manager Humas Daop 7 Madiun mengatakan, ada 4 tahapan yang yang terbagi dalam segmen sudah siap untuk di operasikan.

Tahap pertama yaitu segmen Baron - Nganjuk sepanjang ± 16 KM telah beroperasi mulai bulan Maret 2019.

Tahap kedua yaitu segmen Nganjuk - Babadan sepanjang ± 39 KM telah beroperasi mulai bulan April 2019.

Tahap ketiga yaitu segmen Babadan - Madiun sepanjang ± 7 KM dan telah beroperasi sejak tanggal 16 Oktober 2019.

Tahap keempat adalah segmen Jombang - Baron sepanjang ± 23 KM yang rencana akan dioperasikan mulai tanggal 30 Oktober 2019.

"Benar saat ini tahap 4 baru saja kita laksanakan uji tes kelayakan," kata Ixfan dikutip BANGSAONLINE.com, Selasa (29/10).

Untuk pengoperasian segmen Jombang - Baron ini mencakup 4 (empat) Stasiun yaitu Stasiun Jombang, Stasiun Sembung, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Baron.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO