Di Penghujung 2019, DPRD Gresik Rencana Tuntaskan Sejumlah Kegiatan

Di Penghujung 2019, DPRD Gresik Rencana Tuntaskan Sejumlah Kegiatan Pimpinan DPRD Gresik dan pimpinan AKD memberikan keterangan pers, Ahad (27/10). foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang penghujung tahun 2019, ada sejumlah kegiatan yang akan dituntaskan . Di antaranya pada bulan November pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020, dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD tahun 2020.

Ketua , Fandi Akhmad Yani mengatakan dewan juga akan melakukan evalusi kinerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Alat Kelengkapan DPRD (AKD). "Untuk itu, kami butuh masukan. Masukan dan kritik konstruktif sangat baik untuk perbaikan kinerja DPRD," ujar Yani, Ahad (27/10).

Wakil Ketua DPRD, Ahmad Nurhamim menyatakan, dalam periode ini dewan telah membuat kebijakan yang dituangkan dalam tata tertib (tatib) yang mengizinkan anggota turun untuk sidak di daerah pemilihan (dapil) masing-masing tanpa harus bersama AKD. "Langkah ini untuk mempercepat fungsi pengawasan DPRD dan menampung keluhan dan masukan masyarakat untuk secepatnya dituntaskan," katanya.

Apa yang dilakukan DPRD ini, akan intens diekspos agar bisa diketahui oleh masyarakat. "DPRD akan memberikan informasi kegiatan yang telah dilakukan seminggu sekali melalui rilis pers masing-masing AKD," jelasnya.

Mujid Riduan, Wakil Ketua DPRD lainnya menambahkan, bahwa anggota DPRD melalui AKD juga kian mengintensifkan turun ke masyarakat untuk mengawasi program-program pemerintah.

"Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apakah program sudah berjalan dengan baik tepat waktu, tepat sasaran atau belum. Hasil dari sidak ada di masing-masing AKD," katanya.

Sementara Ketua Komisi III Asroin Widiyana memaparkan sejumlah program kerja dalam sisa waktu kurang dari 2,5 bulan di penghujung tahun 2019. Menurutnya, Komisi III sudah melakukan sidak di 9 titik kegiatan. Di antaranya, proyek fisik, mulai pembangunan saluran air (box culvert) seperti di sepanjang Jalan Dr. Soetomo, Jalan Panglima Sudirman, dan depan RSUD Ibnu Sina Jl. Dr Wahidin, S.H.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO