Upacara HSN di Ponpes Amanatul Ummah, KH Asep Ingatkan Patriotisme dan Keislaman

Upacara HSN di Ponpes Amanatul Ummah, KH Asep Ingatkan Patriotisme dan Keislaman

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Ribuan santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah memperingati (HSN) tepat 22 Oktober. Dengan baju khas muslim bagi santriwati dan sarung serta kopyah hitam bagi santriwan, mereka menggelar upacara di lapangan terbuka Pondok Amanatul Ummah, Selasa (22/10).

Bahkan yang bertindak sebegai ikspektur upacara HSN adalah Komandan Kodim/0815 Mojokerto, Letkol Kav Hermawan Weharima SH. Dalam peringatan HSN di Amanatul Ummah juga digelar berbagai lomba seperti baris-berbaris hingga baca puisi yang diikuti banyak santri perwakilan.

Dalam sambutannya, pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim mengatakan, Hari Santri menjadi peringatan yang harus dipahami bersama, terlebih lagi bagi para santri. Perjuangan ulama dan para santri pendahulu bisa menjadi nilai tersendiri bagi siswanya.

"Momentum bersejarah Hari Santri adalah memperingati perjuangan para ulama dan santri. Sebagai generasi muda, santri-santri untuk meneruskan cita-cita luhur para pendahulu kita. Para santri Amanatul Ummah akan menjadi generasi yang cerdas dan juga memiliki akhlak baik serta berprestasi di segala bidang," ujar KH Asep.

KH Asep juga mengingatkan semangat patriotisme dan keislaman yang dimiliki para santri terhadulu dalam mengawal resolusi jihad hingga melahirkan perang besar di Surabaya.

“Santri harus ingat pesan ulama terdahulu. Bahwa nilai keislaman tidak boleh lepas dari nilai kebangsaan. Santri juga harus bisa menerapkan sikap toleransi di kehidupan sehari-hari," papar KH. Asep.

Dipaparkan KH. Asep, santri-santri Ponpes Ammanatul Ummah telah meraih berbagai penghargaan tingkat nasional maupun internasional. Demikian juga alumni Ammanatul Ummah juga sudah banyak yang menjadi tokoh nasional. Untuk itu, santri-santri yang ada saat harus bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

Dalam peringatan HSN di Ammanatul Ummah melibatkan santri yang diperkirakan mencapai 5000 santri. Selain itu juga diikuti seluruh tenaga pendidik yang ada dan acara juga dihadiri Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak. (ris/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO