AKD Gresik Siap Jaga Netralitas di Pilbup 2020

AKD Gresik Siap Jaga Netralitas di Pilbup 2020 Nurul Yatim usai terpilih menjadi Ketua AKD foto bersama Ketua DPRD Fandi Akhmad Yani dan Wakil Ketua Asluchul Alif. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Beban berat dipikul Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik, Nurul Yatim. Sebab, pada 2020 mendatang, Kabupaten Gresik memiliki gawe besar berupa pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup).

Pemerintah desa (Pemdes) sebagai ujung tombak pemerintah di tingkat bawah, khususnya kepala desa (Kades) akan rentan ditarik-tarik dalam kepentingan kemenangan Pilbup.

"Ya, memang kami akui 2020 adalah tahun politik. Saya menyadari desa, terutama kepala desa, sangat rentan diseret-seret dalam upaya dukung mendukung calon tertentu yang maju Pilbup. Untuk itu, selaku Ketua AKD, saya bersama 330 kepala desa lainnya akan menjaga netralitas," ujar Nurul Yatim kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (18/10).

"Saya akui AKD pada Pilbup 2020 nanti akan seperti gadis cantik dan seksi. Banyak calon yang melirik. Namun, saya pastikan AKD akan menjadi saksi kenetralan dalam Pilbup," ungkap Kades Baron Kecamatan Dukun ini.

Ditegaskan Nurul Yatim, netralitas AKD yang membawahi kepala desa ini merupakan amanat perundangan-undangan. Seperti yang termaktub dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah (Pemda), dan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2016 tentang Desa.

"Kami akan berpegang teguh terhadap amanat perundangan-undangan tersebut," jlentrehnya.

Namun demikian, tambah Nurul Yatim, AKD akan mendukung penuh siapa pun calon bupati maupun calon wakil bupati yang bakal ikut running pada Pilbup Gresik 2020.

"Bagi AKD, bahwa siapa pun calon yang bisa ikut running Pilbup, mereka adalah para putra-putri terbaik Kabupaten Gresik, yang memiliki ikhtiar sama maju Pilbup dengan tujuan untuk memperbaiki Kabupaten Gresik dan mensejahterahkan masyarakat. Makanya, AKD akan mendukung penuh," tegasnya.

Begitu juga,dengan siapa pun pasangan cabup dan cawabup yang menang dan dilantik hasil Pilbup Gresik 2020, AKD siap bersinergi untuk membangun desa dan Kabupaten Gresik. "Insya Allah, mohon dukungan dan bantuan doanya semua lapisan masyarakat agar saya bisa mudah dan lancar dalam memimpin AKD masa khidmad 2019-2025," pungkasnya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO