Rabu, 11 Desember 2019 05:20

Rangkul OSIS, Pemprov dan Forkopimda Jatim Ajak Tangkal Radikalisme & Sukseskan Pelantikan Presiden

Rabu, 16 Oktober 2019 23:33 WIB
Editor: Ibnu Rusdi
Wartawan: Anatasia Novarina
Rangkul OSIS, Pemprov dan Forkopimda Jatim Ajak Tangkal Radikalisme & Sukseskan Pelantikan Presiden
Gubernur Khofifah bersalaman dengan pelajar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jatim bersama Forkopimda menggandeng ribuan pelajar dan anggota OSIS se-Jatim, menolak anarkisme dan radikalisme. Tujuannya, untuk menyukseskan pelantikan presiden pada 20 Oktober.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam kesempatan itu mengajak seluruh pelajar SMA dan SMK menolak provokasi dan intoleransi.

"Jika ada provokasi dari siapa pun, tolak. Pelajar Jawa Timur antianarkis dan menolak provokasi serta aksi kekerasan. Hari ini pelajar SMA dan SMK perwakilan seluruh kabupaten kota se-Jawa Timur mereka dikumpulkan di sini. Supaya mereka saling mengenali, ada rumpun budaya yang beda dari Tapal Kuda, dari Arek, dari Mataraman, dari Madura, dari Pantura," katanya.

Menurut Khofifah, setiap pelajar akan saling berkenalan dan memahami bagaimana adat istiadat dari berbagai daerah di Jatim. "Itu baru pengenalan rumpun budaya, bagaimana kemudian mereka mengenali rumpun bahasa mereka. Bagaimana mereka mengenali rumpun adat-istiadat mereka," terangnya.

"Ini kita baru cerita Jawa Timur, betapa kebhinnekaan yang dimiliki oleh Indonesia itu luar biasa dan harus kita jadikan potensi efektif untuk membangun bangsa ini," imbuhnya.

Untuk itu, Khofifah meminta seluruh pelajar membuang jauh hal-hal yang memicu intoleransi hingga anarkisme atau tawuran antarpelajar. Dia ingin pelajar tetap mempertahankan suasana guyub rukun.

Di kesempatan yang sama, Khofifah juga sempat menerangkan hasil survei terkait rasa intoleransi pada pelajar. Menurutnya, hal ini harus dihapuskan agar kesatuan dan persatuan anak bangsa tetap terjaga.

Sementara Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan, pelajar merupakan salah satu pilar bangsa. Menurut Luki, pelajar harus dibekali kiat menyaring informasi di media sosial agar bisa melawan ajakan anarkisme dan radikalisme.

"Kita harus merangkul pelajar ini supaya paham betul menyikapi berita yang berkembang dewasa ini. Tapi kita lihat Jawa Timur semua pelajar se-Jatim sangat antusias dan merespons positif. Ini sebagai bukti mereka perang melawan anarkisme dan radikalisme," papar Luki di Mapolda Jatim, Rabu (16/10).

Luki menambahkan pelajar memiliki peran penting menjaga Jatim kondusif. Saat ditanya apakah pelajar dilarang ikut demonstrasi, Luki menyarankan para siswa untuk belajar sesuai tugasnya dan tidak terpancing apa yang ada di media sosial.

"Kalau pelajar kan sekolah. Pelajar itu untuk belajar bukan untuk demo. Jadi memang pelajar sudah ada tempatnya di sini. Kemarin ada pihak-pihak yang terpancing adanya berita di medsos. Alhamdulillah Jatim tidak ada," imbuhnya.

Di acara itu, juga hadir Kasdam V Brawijaya, Sekda Provinsi Jatim, Ketua DPRD Provinsi Jatim, Ketua Kejaksaan Tinggi Provinsi Jatim (ana/dev/rus)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...