Dilatih Kewirausahaan, Lulusan SMAN 1 Lamongan Bisa Langsung Kerja

Dilatih Kewirausahaan, Lulusan SMAN 1 Lamongan Bisa Langsung Kerja Kepala SMA Negeri 1 Lamongan, H. Kiswanto, M.Pd.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kepala SMA Negeri 1 Lampngan, H. Kiswanto, M.Pd mengatakan, pihaknya tengah menjalankan program pelatihan khusus bagi para peserta didiknya agar siap bekerja jika tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Kalau seandainya dia tidak masuk ke perguruan tinggi, dia bisa percaya diri di dunia kerja," kata Kiswanto, Selasa (1/10).

Kiswanto menjelaskan, untuk menampung siswanya yang kurang beruntung dari segi ekonomi dan juga keilmuan, SMA Negeri 1 Lamongan memberikan bekal keahlian atau life skill dengan menggandeng sejumlah perusahaan sehingga siswa menguasai bidang kewirausahaan dan memiliki jiwa entrepreneur.

Kiswanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan perusahaan di antaranya, Perusahaan Teh Pucuk, Kopi, dan perusahaan tersebut memberlakukan sertifikat kepada peserta. Sebelumnya, sertifikat hanya diberikan bagi para lulusan SMK.

"Peserta dapat pelatihan khusus dari pembina dan akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh perusahaan, sehingga nanti kalau siswa yang bersangkutan tidak bisa melanjutkan kuliah dan siap kerja sudah menjadi prioritas," ujarnya.

Ditambahkan Kiswanto, setiap angkatan ada sekitar 30 peserta yang mengikuti program kewirausahaan. "Jumlahnya minimal ada 30-an siswa yang mengikuti program siap kerja ini, karena memang siswa berasal dari keluarga kurang mampu dan juga tidak pintar, ini juga kita perhatikan sehingga ketika lulus bisa mandiri," pungkasnya. (qom/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO