Ribuan Petani Jember Unjuk Rasa, Desak Wujudkan Reforma Agraria

Ribuan Petani Jember Unjuk Rasa, Desak Wujudkan Reforma Agraria Ribuan Petani Jember unjuk rasa, mendesak reforma agraria di depan kantor Pemkab Jember, Senin (30/9/2019).

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ribuan petani se-Kabupaten yang berasal dari Serikat Tani Independen (Sekti) melakukan aksi turun jalan untuk menuntut keadilan terkait hak-hak petani. Sejumlah tuntutan yang disampaikan oleh mereka di antaranya menjalankan reforma agraria sejati.

Selain itu, para petani itu juga menolak RUU pertanahan yang saat ini sedang dibahas di DPR RI. Mereka juga menuntut segera dibentuknya Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) agar hak-hak petani terkait lahan pertanian dapat terkelola dengan baik.

Aksi damai dan unjuk rasa yang dilakukan itu, diawali dengan menyampaikan orasi dan penyampaian tuntutan di depan Kantor Pemkab , Jawa Timur, sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (30/9/2019).

(Aksi unjuk rasa petani di dipantau langsung Kapolres AKBP Alfian Nurrizal)

"Kami menuntut hak-hak petani, karena petani yang juga bagian dari rakyat. Sejumlah persoalan terkait pertanian, mulai dari menjalankan reforma agraria sejati, dan juga menolak RUU pertanahan yang tidak perhatian terhadap petani," kata Korlap aksi Jumain dalam orasinya.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO